Jawa Pos di Mata Koran Norwegia

Senin, 25 Juni 2012 – 07:29 WIB
ARENA FINAL: Wartawan Jawa Pos, Agung Putu Iskandar, mengunjungi Olympic Stadium tempat final Euro 2012 bakal digelar pada 1 Juli 2012. Foto: Jawa Pos Photo

LIPUTAN eksklusif khas Jawa Pos untuk Euro 2012 mendapatkan apresiasi dari media internasional. Surat kabar Norwegia Bergens Titende  menerbitkan laporan satu halaman penuh tentang tim Jawa Pos yang melakukan liputan di Polandia dan Ukraina.

Laporan itu terbit pada 12 Juni lalu dengan judul Lang Dags Ferd Mot Overho. Surat kabar terbesar di luar ibu kota Norwegia, Oslo, itu menceritakan perjalanan panjang tim Jawa Pos menuju Polandia dan Ukraina untuk meliput turnamen sepak bola paling akbar di Eropa.

Mereka tertegun dengan komitmen Jawa Pos yang mengirimkan wartawannya langsung ke arena Euro 2012. Betapa tidak, penerbangan dari Jakarta menuju Warsawa, Polandia, saja membutuhkan 17 jam!

"Luar biasa apa yang kalian lakukan," kata Anders Pamer, wartawan Bergens Titende, saat bertemu Jawa Pos menjelang latihan timnas Republik Irlandia di Municipal Stadium, Gdynia, Polandia.

Setelah mengobrol panjang, dia meminta izin untuk menulis tentang perjalanan Jawa Pos dan apa yang dilakukan selama Euro 2012. Pamer juga banyak bertanya tentang sepak bola Indonesia.

Dia terkejut begitu tahu bahwa Jawa Pos mengirimkan empat wartawan ke Euro 2012. "Kami saja hanya mengirim dua orang. Kalian mengirim hingga empat orang. Wow," katanya.

Pamer juga memuji tampilan halaman-halaman Jawa Pos yang dibawa dari tanah air. Di sela-sela perbincangan, fotografer Bergens Titende Rune Nielsen membidikkan kamera ke arah kami. Hasilnya, pose fotografer Jawa Pos Hendra Eka menjadi foto utama dalam laporan Bergens Titende edisi 12 Juni.

Tidak tanggung-tanggung, Bergens Titende menghabiskan satu halaman penuh untuk mengulas tim Jawa Pos di Euro 2012. Selain foto utama, foto Hendra Eka yang sedang memotret latihan dipasang sebagai foto kedua di laporan yang masuk halaman olahraga tersebut.

Dalam ulasannya, koran yang berdiri sejak 1868 tersebut menyebut Jawa Pos sebagai surat kabar terbesar di Indonesia dengan oplah lebih dari 400 ribu eksemplar setiap hari. "Pembaca kalian sangat banyak. Kami di Norwegia mencapai sekitar 100 ribu per hari," kata Pamer.

Koran yang beraliran liberal itu juga menulis Indonesia sebagai negara dengan fans sepak bola yang fanatik. Melebihi bulu tangkis, olahraga dengan prestasi nomor satu di Indonesia. Mereka juga menulis, meski minim prestasi sepak bola, Indonesia memiliki stadion-stadion besar yang selalu penuh saat timnas bertanding. (ham/c13/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menang Adu Penalti, Azzurri Tantang Jerman di Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler