Jawara Bundesliga Belum Siap

Senin, 23 Juli 2012 – 05:36 WIB
NUREMBERG - Borussia Dortmund sepertinya harus bekerja keras untuk mempertahankan gelar jawara bundesliga Jerman yang diraih musim lalu. Menilik hasil laga pramusim mereka yang masih naik turun. Padahal, Die Borussen " sebutan Dortmund " sudah menampilkan kekuatan terbaik mereka.
 
Saat melawat ke sesama klub Bundesliga Nuremberg, Minggu (22/7). Dortmund telah diperkuat tiga pilar timnas Polandia, Jakub "Kuba" Blaszczykowksi, Robert Lewandowski, dan Lukasz Piszczek. Tapi, Dortmund harus menyerah dengan skor 2-4.
 
Kekalahan tersebut merupakan yang kedua dari empat laga pramusim. Sepekan lalu (14/7), tim besutan Juergen Klopp tersebut takluk 1-3 dari Club Brugge di Belgia.
 
Sedangkan kemenangan hanya ditorehkan atas tim-tim gurem seperti Sv Meppen dan RW Erfurt. "Saya tidak bisa menyalahkan para pemain karena kami memang masih tahap persiapan," kata Klopp sebagaimana dilansir Bild.
 
Klopp tidak memungkiri apabila timnya masih terlalu bergantung kepada trio Polandia yang sebenarnya belum berada dalam kondisi fisik terbaik. Hengkangnya Shinji Kagawa ke Manchester United juga belum ada penggantinya.
 
Mario Goetze yang sebenarnya diplot masih belum dimainkan karena baru bergabung hari ini, setelah liburan Euro 2012. Selain Goetze, Mats Hummels, Marcel Schmelzer, Ilkay Gundogan, dan pemain baru asal Borussia Moenchengladbach Marco Reus belum bergabung. "Fans harus bersabar untuk melihat penampilan kami yang sesungguhnya. Setidaknya sampai awal bulan depan," jelas Klopp.
 
Sebagai catatan, laga Nuremberg kontra Dortmund menjadi partai testimonial Marek Mintal. Gelandang 34 tahun asal Slovakia itu banyak memberi sukses selama membela Nuremberg periode 2003-2011. Selain membawa Nuremberg promosi ke Bundesliga pada 2004, pemain berjuluk "Stealth Bomber" dan "Phantom" itu meraih predikat top scorer Bundesliga pada 2005 plus gelar DFB Pokal 2007.
 
Tapi, Mintal mengakhiri karirnya bukan bersama Nuremberg melainkan bersama klub Bundesliga 2 Hansa Rostock yang dibelanya sepanjang musim lalu. Dalam laga kemarin, pesepak bola Slovakia dekade 2000-2009 itu menyumbang satu gol lewat penalti. (dns/ruk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tes Medis Sudah, Kontrak Belum

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler