JBMI: Penunjukan Listyo Sigit Prabowo Mencerminkan Kebinekaan

Sabtu, 16 Januari 2021 – 01:59 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jam'yah Batak Muslim Indonesia (JBMI) mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI.

"Terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri merupakan cerminan kebinekaan di Indonesia," ujar Sekretaris Jenderal JBMI Arif Marbun, Jumat (15/1).

BACA JUGA: Saran Senator Papua Barat untuk Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

Rais Am Forum Santri Nasional itu menambahkan, penunjukan Komjen Listyo juga sejalan dengan semangat Dalihan Natolu dalam budaya Batak.

"Inti ajaran Dalihan Natolu adalah kaidah moral berisi ajaran saling menghormati (masipasangapon) dengan dukungan kaidah moral saling menghargai dan menolong," terang Marbun.

BACA JUGA: Komjen Listyo Sigit Calon Kapolri, Kiai Kharismatik: Kami Tak Mempermasalahkan Agama

Marbun mengatakan, JBMI menghormati dan mendukung keputusan Presiden Jokowi.

Menurut dia, penunjukan calon Kapolri merupakan hak prerogatif presiden.

"Presiden, bagaimanapun memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan segera pensiun akhir Januari ini," tuturnya.

Dirinya juga percaya pengganti Idham Azis mampu memimpin Polri dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai undang-undang.

"Kami yakin Polri tetap mengawal kebinekaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur Marbun. (jos/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler