Jebolan Timnas Piala AFF Tak Masuk Skuat Luis Milla

Rabu, 15 Maret 2017 – 16:20 WIB
Luis Milla menjelaskan sesi latihan passing yang akan menjadi fokusnya ?kepada para pemain. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla kembali membuat kejutan dengan mengumumkan nama-nama pemain yang dia proyeksikan berlaga di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Dari total 26 pemain, ada sejumlah nama pemain bagus yang moncer bersama klub, tidak dipanggil pelatih asal Spanyol itu.

BACA JUGA: Milla Panggil 26 Pemain Untuk Uji Coba Lawan Myanmar

Bek Sriwijaya FC, Yanto Basna dan winger Pusamania Borneo Football Club (PBFC) Terens Puhiri adalah beberapa pemain yang tidak dipanggil Milla dalam skuat resmi Timnas U-22. 

Padahal, kedua pemain tersebut cukup tampil gemilang selama di Piala Presiden. Basna bahkan salah satu starter Timnas Indonesia saat tampil di Piala AFF 2016 lalu.

BACA JUGA: Kiper Timnas Ini Harap-Harap Cemas Menunggu...

Meski begitu, manajemen Sriwijaya FC, mencoba bijak menanggapi keputusan Milla tersebut. Dengan alasan, tidak dipanggilnya Basna bukan karena masalah kualitas. 

"Masuk dan tidaknya seorang pemain ke timnas, tidak semata-mata masalah kualitas. Tapi, juga berkaitan dengan selera pelatih itu sendiri," kata Achmad Haris, sekretaris Sriwijaya FC.

BACA JUGA: Milla tak Suka Pemusatan Latihan Jangka Panjang

"Bahkan, keputusan Milla tersebut sangat banyak memberikan dampak positif kepada kami. Karena dengan begitu, kekuatan kami tak berkurang saat di musim baru nanti," timpalnya. 

Namun, Haris mengungkapkan, di kemudian hari Milla ingin menggunakan tenaga Basna, maka mereka tetap akan melepaskan sang pemain ke timnas.

"Kalau untuk kepentikan nasional, kami akan tetap suport. Kami akan melepaskan Basna, begitu juga pemain lain saat mereka dibutuhkan oleh timnas," tandasnya. 

Kejutan lainnya, Milla juga dengan gampang merombak posisi pemain. Salah satunya adalah Osvaldo Haay yang selama ikut seleksi diturunkan sebagai fullbeck kiri.

Namun, dalam pemanggilan tahap akhir, winger Persipura Jayapura itu dipanggil sebagai pemain tengah. Osvaldo sendiri tidak mempermasalahkannya.

"Saya siap bermain di posisi manapun," kata Valdo. 

Para pemain yang dipanggil Milla tersebut adalah mereka yang ikut dalam seleksi sebanyak tiga tahap sejak 21 Februari hingga 9 Maret lalu.

Para pemain kemudian akan mengikuti pemusatan latihan di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci-Tangerang, Banten mulai 16 Maret mendatang jelang pertandingan ujicoba melawan Timnas Myanmar di Bogor, 21 Maret nanti.

"Saya sangat senang, karena mereka yang terpilih adalah pemain-pemain yang menurut saya memiliki kualitas bagus dan sangat berimbang," kata Milla seperti diberitakan Indopos (Jawa Pos Group) hari ini.

"Tentu, kami berharap pemain yang dipanggil ini bisa memberikan yang terbaik dalam latihan atau pertandingan," harap pria yang pernah membawa Spanyol juara Piala Eropa U-21 itu. 

Meski begitu, Milla memberikan signal bahwa, nama - nama pemain yang dia panggil tersebut belum final. Artinya, masih ada peluang bagi dia untuk melakukan rotasi bila kualitas dari pemain yang dia panggil tersebut menunjukan performa menurun.

"Kami tidak segan-segan menggantikan mereka dengan pemain lain yang tidak terpanggil," tegas dia. (ben)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Terakhir Latihan, Para Pemain Timnas Diserbu Fans


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler