Jelang Asian Games, FHI Klaim Sebagai Organisasi Sah

Senin, 22 Januari 2018 – 23:28 WIB
Sekretaris Jenderal Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) Yasser Arafat Suaidy dan Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) Yasser Arafat Suaidy mengklaim organisasinya yang dipimpin Yus Adi Kamrullah sebagai yang sah.

Menurut dia, Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI) pimpinan Raj Kumar Singh tidak sah.

BACA JUGA: Zulhasan: Olahraga untuk Menjahit Merah Putih yang Koyak

“Sebab, FHI diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI). FHI juga telah mendapat rekomendasi dari Kemenpora agar mendapat pengakuan dari Federasi Hoki internasional (IHF)," kata Yasser, Senin (22/1). 

Menurut Yasser, PHSI sudah tidak bisa mengklaim sebagai organisasi hoki di Indonesia karena keanggotaannya telah dicabut KONI.

BACA JUGA: Anggaran Pelatnas Angkat Besi Asian Games 2018 Dipangkas

"KONI mencabut keanggotaan PHSI karena tidak menjalankan peran dan fungsi organisasi dalam pembinaan dan tidak memenuhi syarat keanggotaan KONI Pusat. jumlah Pengurus Provinsi (Pengprov) PHSI tidak memenuhi ketentuan," kata Yasser. 

Menurut Yasser, hal itu diperkuat dengan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap berdasarkan Putusan Mahkamah Agung no. 2863 K/PDT/2008.

BACA JUGA: Beredar Informasi Lowongan 40 MC Asian Game, Oh Ternyata

Yasser mengungkapkan, FHI juga telah mendapat pengakuan federasi internasional.  

Selain membayar iuran ke Asia Hockey Federation (AHF), FHI telah mengikuti Indoor Asia Hockey Cup 2014 di Changhua, Taiwan, yang digelar AHF, SEA Games Myanmar 2013, SEA Games Singapura 2015, dan SEA Games Malaysia 2017. 

"Pada SEA Games 2017, kami sukses menyumbangkan dua medali perak kategori putra dan putri. Sebelumnya, Indonesia tidak pernah meraih medali. Terakhir, hoki meraih perak pada SEA Games Jakarta 1987 dengan empat peserta," ujarnya. 

Berbicara masalah hoki Asian Games 2018, Yasser mengatakan, FHI telah menempatkan competition manager (CM) dan venue manager (VM) sejak awal ditetapkan panitia Asian Games (INASGOC).

Bahkan, FHI telah melaksanakan Pelatnas Tim Asian Games 2018.

Lantas, bagaimana dengan keputusan AHF dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang akan mengambil alih pelaksanaan hoki Asian Games 2018.

"FHI mendukung penuh langkah-langkah yang akan diambil pemerintah melalui Kemenpora, Inasgoc, dan KOI selaku penyelenggara Asian Games 2018,” tambah Yasser. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Cara Menpora Semangati Atlet Asian Games


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Asian Games   hoki  

Terpopuler