Jelang Final Euro 2020, Southgate Minta Suporter Inggris Tidak Bikin Ulah

Minggu, 11 Juli 2021 – 18:28 WIB
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Inggris akan menghadapi Italia di partai final Euro 2020 di Wembley, Senin (12/7) WIB. Menjelang laga ini dimulai, pelatih Gareth Southgate berharap suporter Inggris tidak bikin ulah.

Mantan pelatih Middlesbrough ini ingin para suporter Inggris menghormati lagu kebangsaan Italia.

BACA JUGA: Final Euro 2020: Italia Dapat Dukungan dari Skotlandia

Menurut dia, saat laga kontra Jerman dan Denmark ada beberapa oknum suporter Inggris yang tidak menghormati lagu kebangsaan negara lawan.

“Penting bagi penggemar kami untuk menghormati lawan. Kami tahu ketika kami bermain di luar negeri dan para penggemar mencemooh lagu kami, itu mungkin akan lebih menginspirasi kami," ungkap Southgate.

BACA JUGA: Legenda AC Milan Berharap Ciro Immobile Bisa Tokcer Saat Final Euro 2020 Lawan Inggris

Southgate mewanti-wanti pendukung Inggris karena mereka baru saja menerima sanksi dari UEFA akibat menganggu Kasper Schmeichel dengan sinar laser.

Atas aksinya itu, UEFA menjatuhkan denda kepada federasi sepakbola Inggris (FA) sekitar 30.000 euro atau sekitar Rp 517 juta.

BACA JUGA: Final EURO 2020: Bek Inggris John Stones Tertangkap Kamera Mengejek Timnas Italia, Dia Bilang Begini

Tidak hanya, UEFA juga menjatuhi Inggris karena pendukung Tim Tiga Singa pada awal laga terlihat membuat kebisingan saat lagu kebangsaan Denmark diperdengarkan.

Untuk itu Southgate berharap para suporter Inggris di laga final bisa menunjukan kedewasaan mereka dalam mendukung Tim Tiga Singa –julukan timnas Inggris-. Karena tindakan itu bisa merugikan Inggris sendiri.

"Kita bisa mengintimidasi tim dengan mencemooh selama pertandingan, tapi berbeda saat menyanyikan lagu kebangsaan," ucap Southgate.

Bermain di kandang sendiri membuat Southgate merasa diuntungkan. Karena dalam pertandingan ini sekitar 60 ribu suporter Inggris akan datang ke Wembley untuk mendukung Inggris berlaga.

“Saya senang bisa bermain di Inggris karena ada suporter, ini benar-benar mengangkat moral pemain karena kami mendapat atmosfer yang baik disini,” tambah Southgate.

Selama berlaga di Euro 2020, Inggris baru sekali memainkan laga di luar Wembley iaitu pada saat mereka bermain di babak perempat final melawan Ukraina di Olimpico, Roma, Italia.

Dari lima laga yang dimainkan di Wembley, Harry Kane dan kolega baru sekali mengalami hasil imbang dan empat sisanya berakhir dengan kemenangan. (skysports/mcr16/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler