Jelang Hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Hanya Bisa Sekali Coba Lapangan

Sabtu, 03 September 2016 – 07:45 WIB
Suporter Timnas Indonesia. Foto: Angger Bondan/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Indonesia akan melawan Malayisa, 6 September. Meski hanya berstatus ujicoba, pertandingan tersebut sangat sarat gengsi. 

Mengingat, tim tamu yang dihadapi oleh skuad Merah Putih – julukan Timnas—adalah Malaysia yang tidak lain adalah musuh bebuyutan Indonesia di lapangan hijau. 

BACA JUGA: Mantan Pemain Barcelona Ini Hadirkan Suasana Baru di Juventus

Sayang, persiapan tuan rumah sendiri jelang pertandingan persahabat tersebut tidak begitu maksimal.

Betapa tidak, Alfred Riedl baru diberikan kesempatan untuk bertemu dengan pemainya pada 4 September atau dua hari sebelum kick off. 

BACA JUGA: Penyerang Juventus Ini Tepis Akan Hengkang ke Barcelona

Itu pun, Andik Vermansah dan kawan-kawan tidak langsung mendapat kesempatan untuk latihan bersama.

Ya, tim yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina pada 19 November-17 Desember itu rencananya hanya melakukan latihan sekali saat mencoba kualitas lapangan di Stadion Manahan, Solo, venue pertandingan. 

BACA JUGA: Kesulitan Dana, Milan Hanya Bisa Usahakan Bek Murah

“Kami memang memiliki waktu yang sangat terbatas,” kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih Timnas.

Alasan Pikal tersebut tidak salah. Pasalnya, Torabika Soccer Championship (TSC) masih memiliki jadwal pertandingan hingga hari ini, 3 September. 

Dan, sebagian besar pemain pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas rata rata masih membela klub mereka di kompetisi bentukan PT GTS (Gelora Trisula Semesta) itu. 

Meski begitu, Pikal menyebutkan bahwa, publik sepak bola tanah air tidak perlu risau dengan kualitas Pasukan Garuda –julukan lain Timnas—itu. 

Sebab, mereka telah mempelajari karakter permainan lawan lewat rekaman pertandingan.

”Dan kami sudah membagikannya ke semua pemain, biar mereka memiliki gambaran visionalisasi tentang permainan lawan,” paparnya. 

Dalam perkembangan yang sama, Ong Kim Swee pelatih kepala Timnas  Malaysia terpaksa tidak datang dengan kekuatan penuh. 

Ini setelah salah satu pilar lini belakang, Nazirul Naim Che Hashim mengalami cedera hamstring. Dan, masa pemulihannya membutuhkan waktu yang sangat lama, paling kurang dua pekan. 

Pemain berusia 23 tahun itu , sudah tidak lagi terlihat dalam latihan bersama skuad Harimau Himalaya—julukan Timnas Malaysia—sejak awal pekan lalu. 

“Dia butuh waktu dua minggu untuk pulih dan sudah tentu kami tidak dapat membawanya ke Indonesia,” kata Ong Kim Swee lewat media resmi FAM (Federasi Sepak Bola Malaysia). 

Nah, sebagai pelengkap latihan, Ong Kim Swee memutuskan untuk memanggil tiga pemain dari Timnas U-22 mereka.  

Tiga pemain itu adalah Matthew Davies, Adam Nor Azlin dan Safawi Rasid. Pasalnya, ada dua pemain lain yang sampai saat ini juga masih dalam masa penyembuhan cedera. Mereka adalah Brendan Gan dan Ahmad Hazwan Bakri.

Timnas Malaysia sendiri berencana baru tiba di Indonesia pada 4 September nanti dengan melakukan penerbangan langsung dari Kualalumpur dengan transit di Jakarta sebelum terbang ke Solo. 

Dipastikan, tim negeri Jiran tersebut hanya berkesempatan untuk mencoba lapangan sehari sebelum kick off . (ben)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pencetak Hattrik ke Gawang Inter Ini Curi Perhatian Klinsmann


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler