Jelang Hadapi Persija, Maung Bandung Yakin Tidak Rombak Tim

Kamis, 07 Juli 2016 – 16:03 WIB
Fans Persib Bandung. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Nama besar Persib Bandung sebagai mantan juara ISL 2014 bakal dipertaruhkan pada Torabica Soccer Championship (TSC) 2016. Jalan terjal di awal musim sudah dirasakan Atep Rizal dkk. Untuk sejumlah lini permainan, manajemen Persib masih belum puas akan penampilan pemainnya, termasuk ketajaman para penyerangnya. Tetapi, manajemen Maung Bandung-julukan Persib-masih belum akan melakukan perombakan tim

Setidaknya itu akan berlangsung hingga pertengahan musim. Apalagi, kembalinya Djajang Nurdjaman menggantikan peran Dejan Antonic sebagai pelatih tim sudah memberikan perubahan positif. Kemenangan terakhir (3-2) sebelum jeda TSC pekan lalu kala menghadapi PSM Makassar menjadi suntikan semangat tersendiri.

BACA JUGA: Belum Masuk dalam Aplikasi, Pendaftaran Peserta PON Diundur

Terlebih lagi, materi pemain Persib musim ini masih cukup kompetitif meski ditinggal sejumlah pemain pilarnya di masa vakum kompetisi 2015 lalu. 70 persen pemain inti Persib saat ini masih diisi skuad musim sebelumnya. Vladimir Vujovic, Atep, Hariono. M.Taufiq, Made Wirawan, Tony Sucipto, ataupun Zulham Zamrun masih menjadi pilihan utama.

Didukung pemain baru seperti Juan Carlos Belencoso, Samsul Arif Munip, Robertino Pugliara hingga Sergio van Dijk seharusnya bisa dimaksimalkan tim pelatih Persib. ”Untuk itu, kami belum mau membahas perombakan tim, kami lebih fokus bagaimana mengembalikan performa tim untuk bisa bangkit di sisa pertandingan yang ada” terang Umuh Muchtar, manajer Persib Bandung saat dikonfirmasi Jawa Pos(Induk JPNN)  belum lama ini.

BACA JUGA: Riedl Pantau 55 Pemain Sebelum Bentuk Skuat Garuda

Catatan gol kemasukan dan memasukkan skuad Maung Bandung saat ini masih menjadi perhatian besar manajemen dan tim pelatih. Dengan jeda libur lebaran, diharapkan pemain Persib bisa fresh saat mempersiapkan diri 10 Juli nanti sebelum menghadapi seteru abadinya, Persija Jakarta (16/7) mendatang. 

Made Wirawan yang dalam dua tahun terakhir selalu menjadi pilihan utama kini kerap digantikan kiper muda M.Natshir. Rotasi ini diambil Djajang supaya skuadnya bisa tampil lebih variatif. Demikian pula dengan para penyerang utama Persib yang kini diperebutkan Belencoso, Samsul dan van Dijk.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Mental dan Fisik Arema Cronus Fresh

Menurut Umuh, semua mereka penyerang diharapkan untuk bisa improve untuk membuktikan diri kepada Bobotoh, pendukung Persib. Tetapi, Umuh mengisyaratkan bakal mengevaluasi kinerja para pemainnya ditengah musim. Artinya adanya perombakan tim memang tidak tertutup kemungkinannya dijalankan manajemen Persib.

Djanur-sapaan karib Djajang-menjelaskan bahwa saat ini fokus timnya yakni mengembalikan kepercayaan diri dan mental juara Persib. Dalam dua tahun terakhir, Persib cukup bergelimang prestasi, setelah menjadi kampiun ISL 2014, lalu Maung Bandung melanjutkan tren positif dengan raihan gelar Piala Presiden kala Indonesia mendapatkan suspended FIFA.

”Saya berharap ketajaman penyerang bisa ditingkatkan, sedangkan lini belakang bisa lebih disiplin menjaga pertahanan, ini bukan pekerjaan mudah,” terang Djanur. Setidaknya harapan itu kembali terbuka. Seperti yang terlihat pada laga terakhir Persib melawan PSM sebelum jeda liburan kali ini. Pola serangan yang lebih berproses dan memaksimalkan peran van Dijk juga sudah terlihat kembali. (nap/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Umuh Ingatkan Djajng Persib harus Empat Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler