Jelang Indonesia vs Taiwan di Piala Thomas: BWF Soroti Titik Lemah Pasukan Garuda

Rabu, 13 Oktober 2021 – 08:32 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie. Foto: (BWF)

jpnn.com, AARHUS - Tim bulu tangkis Indonesia akan bersua Taiwan dalam laga terakhir fase Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10) siang WIB.

Pertemuan dua negara kuat bulu tangkis ini diprediksi bakal berjalan alot.

BACA JUGA: Jonatan Christie Punya Ambisi Pribadi di Piala Thomas 2020

Tim Merah putih dianggap memiliki kekuatan di sektor ganda putra karena bercokol tiga pasangan penghuni sepuluh besar dunia.

Pertama tentu ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang saat ini menghuni peringkat 1 dunia, lalu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, tepat satu setrip di bawahnya.

BACA JUGA: Indonesia Sapu Bersih Laga Pertama Grup A Piala Thomas

Kemudian ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang duduk di posisi tujuh dunia. Belum lagi pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Martin yang pernah mengecap gelar juara dunia junior jelas tak bisa diremehkan.

Namun, sektor tunggal menjadi titik lemah Indonesia. Anthony Sinisuka Ginting tidak tampil bagus di Piala Sudirman, sementara Jonatan Christie kerap kesulitan melawan pemain peringkat sepuluh besar dunia.

BACA JUGA: Piala Uber 2020: Indonesia Bertekuk Lutut di Tangan Jepang

Performa minor dua tunggal putra terbaik Indonesia itu tampaknya berlanjut di Piala Thomas 2020. Lupakan laga melawan Aljazair karena negara Afrika itu memiliki kualitas di bawah pasukan Garuda.

Ketika melawan Thailand, Ginting dan Jojo sama-sama menelan kekalahan. Nama pertama takluk 21-16 22-24 23-25 dari Kantaphon Wangcharoen.

Sementara Jonatan Christie menyerah 10-21 14-21 dari Kunlavut Vitidsarn.

Padahal secara peringkat, kedua tunggal putra Thailand itu berada jauh di bawah Ginting dan Jojo.

Hal inilah yang disoroti BWF saat Indonesia jumpa Taiwan. Pasalnya, calon lawan tim Merah Putih itu memiliki dua tunggal putra yang jelas lebih kuat dari lawan-lawan Indonesia sebelumnya.

Taiwan membawa Chou Tien Chen yang saat ini menghuni empat besar dunia, kemudian Wang Tzu Wei yang duduk di posisi 11 dunia.

Kedua tunggal putra Taiwan itu jelas menjadi ancaman besar bagi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Dalam rilis susunan pemain Indonesia vs Taiwan, terlihat Ginting bakal menantang Chou Tien Chen di partai pertama.

Secara head to head sejatinya Ginting unggul atas Chou. Dari sembilan pertemuan, pebulu tangkis kelahiran Cimahi itu memenagi lima laga berbanding empat milik sang lawan.

Kita semua tentu berharap Ginting bisa melanjutkan catatan positifnya itu ketika bertemu Chou Tien Chen di laga nanti.

Sementara Jojo bakal menantang Wang Tzu Wei di partai ketiga. Ini yang patut diwaspadai karena Jojo secara head to head kalah jauh dari Wang.

Dari sembilan pertemuan, Jojo hanya mengais tiga kemenangan melawan Wang Tzu Wei. Semoga saja Jojo bisa memperbaiki head to head-nya melawan Wang di laga nanti dengan meraih kemenangan.(bwf/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler