Jemaah Haji Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Sabtu, 18 Juli 2009 – 20:54 WIB

JAKARTA--Pemerintah menyiapkan layanan kesehatan gratis untuk jamaah saat menunaikan ibadah hajiLayanan ini diharapkan bisa menekan angka kematian jemaah di tanah suci

BACA JUGA: Pengebom Bunuh Diri Diduga Wanita

"Angka kematian yang sudah terus turun tiap tahunnya kita harapkan semakin turun
Ini juga bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kesehatan masyarakat di Tanah Suci," kata Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan, Farid Husein, di Rumah Makan Pelangi, Jakarta, Sabtu (18/7).

Layanan kesehatan gratis itu dipusatkan di Balai Pengobatan Haji Indonesia, Jalan Halidijah I

BACA JUGA: Ditemukan Lagi Potongan Jazad

Letak gedung sembilan tingkat itu hanya 2,5 KM dari Masjidil Haram
Layanan yang disiapkan setara dengan fasilitas rumah sakit type C di Indonesia

BACA JUGA: Satu Karyawan JW Marriott Hilang

Sarana pelayanan sangat memadaiMemiliki 180 tempat tidur untuk pasien dan 80 untuk petugas kesehatanDilengkapi kamar operasi dan bedahDi lantai 2, tersedia layanan komplit Intensive  Care Unit (ICU) dan Intensive Coroner Care Unit (ICCU) Di lantai 1, tersedia layanan Unit Gawat Darurat (UGD).

"Divisi Jantung dan Trauma memang sengaja diperkuat, mengingat history kematian jemaah banyak karena sakit jantung," tambah Farid yang juga bertindak selaku penanggung jawab operasional pelayanan kesehatan di Arab Saudi.

Farid menjelaskan, layanan gratis tidak hanya diberikan kepada jemaah asal Indonesia sajaTapi juga untuk jemaah negara lain dan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Makkah"Siapapun yang berobat, pasti digratiskanKalkulasi tenaga medis disiapkan seimbang dengan angka jemaahJadi, semuanya siap," tegas salah satu tokoh di balik perdamaian Aceh ini.

Untuk sementara, layanan ini hanya tersedia pada musim hajiNamun, pemerintah Indonesia sudah mengusulkan izin agar bisa dioperasikan sepanjang tahunTargetnya, untuk memberikan pelayanan kepada jemaah umrah.

Status bangunan Balai Pengobatan Haji Indonesia itu berstatus bangunan sewaSedianya, diperuntukkan membangun hotelPemerintah Indonesia menyewa Rp12 Miliar pertahun untuk 5 tahun ke depanPada 16 Juli lalu, secara resmi Balai itu dioperasikanDiresmikan oleh Menteri Agama, diwakili Direjn Yan Medik Depkes(ysd/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jakarta Great Sale Jalan Terus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler