Jemaah Haji Palembang Wajib Ikut Skrining Sebelum Pulang ke Rumah

Jumat, 22 Juli 2022 – 21:28 WIB
Ilustrasi jemaah haji asal Palembang. Foto: source for JPNN.

jpnn.com, PALEMBANG - Ribuan jemaah haji asal Palembang wajib mengikuti skrining kesehatan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan Armet Dachil mengatakan para jemaah itu dijadwalkan mulai tiba di Palembang pada 1 Agustus 2022.

BACA JUGA: Wamenag: Jemaah Haji Tidak Ada Kegiatan Isolasi

“Seluruh jemaah haji embarkasi Palembang wajib menjalani skrining untuk mencegah importasi kasus Covid-19," kata Armet Dachil kepada wartawan, Jum'at (22/7). 

Dia menjelaskan total jemaah haji asal Palembang dengan keseluruhan kloter sebanyak 3.201 orang.

BACA JUGA: 125 Jemaah Haji Indonesia ke Madinah, Begini Persiapan KKHI

Dari ribuan jemaah itu akan terbagi beberapa kloter yang terbang langsung dari Madinah.

"Total keseluruhan ada sembilan kloter dijadwalkan masing-masing kembali ke Palembang mulai 1 sampai 12 Agustus," ujar dia.

BACA JUGA: Disinggung Soal Fuji Menikah Muda, Haji Faisal: Tunggulah

Dia menuturkan setibanya di bandara, para jemaah haji akan disambut petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang untuk menjalani skrining kesehatan.

Menurut Armet, tindakan ini sesuai dengan surat ketentuan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor SR.03.4/C/3519/2022.

"Semua jemaah akan diukur suhu tubuh, diperiksa tes usap, dan bagi yang terindikasi atau bergejala Covid-19 dilanjutkan pemeriksaan RT-PCR untuk memastikan lagi,” urai dia.

Nantinya, apabila ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, harus menjalani karantina dulu selama 14 hari.

Adapun pelaksanaan skrining ini dilakukan oleh petugas KKP. Tim itu akan masuk ke pesawat menanyakan kondisi kesehatan para jemaah satu per satu untuk skrining kesehatan tahap pertama.

Kemudian, untuk skrining kedua jemaah dibawa menggunakan bus ke Asrama Haji Palembang untuk melakukan pengukuran suhu tubuh. Terakhir pemeriksaan tes usap antigen/RT-PCR.

"Jemaah yang dinyatakan sehat akan dibawa ke pondokan asramah haji untuk membersihkan diri dan bersalin pakaian serta beristirahat sampai jadwal pulang ke daerah masing-masing," pungkas dia. (mcr35/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Alasan Haji Faisal Belum Mau Bertemu Doddy Sudrajat


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler