Jenazah Sudirman Disambut Upacara Militer

Jumat, 19 Oktober 2012 – 06:30 WIB
MAROS - Jenazah Kanit Intel Polsek Poso Pesisir, Bripka Anumerta Sudirman yang tewas mengenaskan bersama rekannya Andi Sapa saat melakukan penyelidikan pelaku peledakan bom di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) beberapa waktu lalu tiba di Terminal Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Sekitar pukul 08.30 Wita, Kamis (18/10).

Setibanya di Terminal Cargo Bandara, jenazah disambut dengan upacara militer yang dipimpin Inspektur Upacara, Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi Polda Sulsel, Kombes A Rafik dan Komandan Pleton Sabhara Polda Sulsel, Ipda Nico selaku komandan upacara.

Upacara militer itu juga diikuti satu kompi Brimob Polda Sulsel, dari TNI dua pleton Yon Raiders 700, serta  dua Pleton Yon Kaveleri, dua pleton Yon Arhanud, satu pleton Sabhara Polda Sulsel. Serta beberapa pejabat teras dari Polda Sulsel, pejabat teras Kodam VII Wirabuana, dan Polres Maros.

Dalam prosesi penyambutan jenazah itu, nampak hanya istri korban yang terlihat setia mendampinginya saat diterbangkan dari Palu dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 781.

"Saya sendirian mendampingi suami dari Palu, kalau anak-anak sudah pulang sejak kemarin," kata istri korban, ST Rabiah.

Meski terlihat tegar, mata ibu dua anak itu terlihat bengkak dan sembab. Apalagi saat salah seorang kerabatnya datang dan merangkulnya, dia selalu berusaha terlihat tegar dan tak meneteskan air mata.

Ketegarannya pun nampak saat dia menolak untuk dipapah dari terminal Cargo bandara menuju Ambulance yang akan membawa jenazah suaminya ke kampung halamannya di Kabupaten Takalar. Dia memilih berjalan setelah jenazah sang suami dinaikkan ke mobil Ambulance didampingi rekannya.

Saat ditanyai mengenai firasat atau tanda-tanda sebelum suaminya dikabarkan tewas dalam kondisi mengenaskan, dia mengaku tidak mendapat firasat apa-apa jika suaminya akan pergi meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.

Usai upacara penyambutan jenazah kemudian dibawa ke rumah duka Dusun Jempang, Desa Kalukuang, Kecamatan Galesong, Takalar untuk dimakamkan dengan menggunakan Ambulance RS Bhayangkara Makassar dengan nomor polisi DD 7466 AB.

Bripka Anumerta Sudirman gugur dalam tugas saat melakukan penyelidikan pelaku peledakan bom di Poso beberapa waktu lalu bersama rekannya Andi Sapa. Jenazah keduanya ditemukan terkubur di satu liang di sebuah hutan antara Dusun Weralulu, Desa Tokorondo dan Dusun Tamanjeka, Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir. (rin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jenazah Sudirman Diberangkatkan ke Makassar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler