Jenderal Andika Calon Panglima TNI, Mbak Puan Bicara Tantangan Besar

Jumat, 05 November 2021 – 21:04 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengaku kaget atas peretasan yang menimpa website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Panglima TNI mendatang bisa memastikan tugas pokok institusi militer Indonesia sebagai alat pertahanan bisa berjalan baik.

Puan menyebut salah satu tugas pokok itu, yakni menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

BACA JUGA: Kebut Uji Kelayakan Jenderal Andika Calon Panglima TNI, Bobby Beri Penjelasan

"Kita (masyarakat) ingin Panglima TNI yang baru nanti bisa mewujudkan kekuatan TNI yang disegani di kawasan,” kata Puan dalam keterangan persnya, Jumat (5/11).

Politikus Fraksi PDIP itu juga mengatakan tantangan TNI ke depan makin besar. Pasalnya, ancaman kedaulatan tidak sekadar perang fisik (face to face).

BACA JUGA: Maikel Wongkar yang Ditembak Mati Anak Buah Sendiri itu Anggota Perbakin

Menurut Puan, dalam era kekinian, ancaman kedaulatan juga bisa berupa perang siber yang menggunakan kemajuan teknologi, kecerdasan buatan, robotik, dan senjata presisi tinggi.

Terlebih lagi, kata Puan, intensnya dinamika globalisasi dan situasi pascapandemi serta tantangan dalam bidang pertahanan yang makin dinamis.

BACA JUGA: Ini Penyebab Pajero Vanessa Angel Terpelanting dan Berputar

Puan menyebut seorang Panglima TNI dituntut mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis dan bisa membuat terobosan-terobosan baru

"Bukan business as usual dalam mewujudkan TNI yang profesional dan modern dalam rangka menjamin tetap tegaknya kedaulatan negara yang dicintai rakyat," ucap perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR itu.

Selain itu, Puan juga mengingatkan tantangan lain bagi Panglima TNI ke depan, yaitu menjaga soliditas internal demi menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Dia pun teringat pesan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno bahwa ABRI harus kompak dan bersatu dengan cara taat kepada Pancasila.

"Kalau memakai dasar lain dari Pancasila, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia akan terpecah belah. Pegang teguh akan hal ini, saudara-saudara,” kata Puan.

Diketahui, DPR RI tengah melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Jenderal Andika Perkasa selaku calon Panglima TNI yang diusulkan Presiden Jokowi ke parlemen. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler