Jenderal Andika Perkasa Keluarkan Perintah, Ini Soal Darah

Rabu, 29 April 2020 – 23:35 WIB
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa bersama para Pangdam se-Indonesia di Markas Besar TNI AD beberapa waktu lalu. Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menginstruksikan jajarannya, khususnya di DKI Jakarta dan Tangerang untuk membantu mencukupi persediaan darah di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

"Ketersediaan kantong darah RSPAD sudah menipis. Saya arahkan prajurit TNI AD region DKI Jakarta dan Tangerang untuk mendonorkan darah," kata Jenderal Andika, Rabu (29/4).

BACA JUGA: Air Mata Jenderal Andika Perkasa pun Jatuh, Mengharukan Sekali

Arahan tersebut disampaikan saat telekonferensi berkala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta dengan KSAD dan jajaran pimpinan TNI AD terkait laporan progres penanganan COVID-19.

KSAD mendapatkan laporan mengenai stok darah di RSPAD yang sudah sangat menipis.

BACA JUGA: Jenderal Andika Perkasa: Saya Tidak Ingin Ada Masalah

Laporan tersebut disampaikan Wakil Kepala RSPAD Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistiya yang mengatakan RSPAD telah memiliki perlengkapan transfusi darah, tetapi stok darah di RSPAD sangat darurat sehingga jika ada pasien yang membutuhkan transfusi darah, pihak RSPAD akan meminta keluarga pasien yang bergolongan darah sama untuk mendonorkan darahnya.

Menanggapi hal tersebut, Jenderal Andika memberikan instruksi kepada Asisten Operasi untuk mendata jajaran TNI AD yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan donor darah dengan RSPAD.

BACA JUGA: Perintah Jenderal Andika Perkasa ke Jajaran TNI AD, Sungguh Mulia

"Kemarin kami membantu PMI, sekarang mohon sampaikan ke jajaran untuk membantu stok darah RSPAD," ujar Jenderal Andika.

Ia menginstruksikan jajaran TNI AD di Jakarta dan sekitarnya yang belum donor darah di PMI untuk didata agar bisa membantu persediaan darah RSPAD.

"Satuan-satuan diminta datanya. Nanti kami akan mengatur dan menginformasikan ke RSPAD. Satu hari adalah satu titik," tegasnya.

KSAD juga meminta pendataan segera diselesaikan agar pihak RSPAD dapat segera mendatangi satuan-satuan TNI AD untuk melakukan donor darah.

Seiring dengan penanganan pandemi corona, KSAD terus memberikan arahan dan bantuan kepada RSPAD dalam menghadapi COVID-19.

Selain laporan mengenai persediaan darah RSPAD, Andika juga menerima laporan mengenai ketersediaan reagen serum yang diperlukan dalam 'rapid test' (tes cepat) COVID-19. Reagen serum yang dipesan dari Singapura rencananya akan datang dalam waktu dekat.

Dilaporkan juga terkait penambahan ruang tekanan negatif yang telah dioperasikan, peralatan support system, dan peralatan operasi.

KASAD juga menyampaikan bahwa TNI AD berencana menambah laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan teknologi yang lebih canggih untuk mempermudah penanganan COVID-19 di Indonesia. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler