Jenderal TNI dan Bupati Menunduk, Pak Dandim Terdiam di Samping

Sabtu, 23 April 2022 – 08:44 WIB
Pelaksana Tugas Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu (tengah) menandatangani kerja sama pemerintah daerah dan TNI AD melalui program TMMD Tahun Anggaran 2022. (ANTARA/Susanti Sako)  

jpnn.com, GORONTALO UTARA - Pelaksana tugas Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu menandatangani kerja sama Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim terkait program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Kamis (21/4).

Menurut Thariq, program tersebut sebagai wujud sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI dalam membangun daerah.

BACA JUGA: Program TMMD di Wilayah Kodam Cenderawasih Resmi Ditutup, Nih Hasilnya

“Kami sangat mengapresiasi sebab kemampuan TNI secara khusus dalam pengamanan teritorial juga mampu mewujudkan program pembangunan infrastruktur di daerah ini," ujar sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (23/4).

Thariq mengatakan pembangunan infrastruktur strategis, seperti jalan penghubung, merupakan bentuk kerja sama yang memberi manfaat bagi daerah dan masyarakat.

BACA JUGA: Warga Membantu Memikul Material ke Lokasi TMMD, TNI Merasa Sangat Terbantu 

Dia mengatakan pelibatan TNI yang memiliki satuan khusus dalam melakukan pekerjaan dipandang penting untuk melanjutkan pembangunan daerah melalui program tersebut.

Apalagi, TMMD menjadi bagian dari upaya pemerintah membangun dari pinggiran.

BACA JUGA: Danrem 174 Merauke: Bantu Masyarakat Papua di Daerah Terpencil Melalui TMMD

Dia mengatakan kekuatan TNI manunggal dengan masyarakat mewujudkan kerja sama membangun daerah.

Pada tahun anggaran 2022, program TMMD diarahkan membangun jalan penghubung strategis di wilayah Kecamatan Kwandang yang menghubungkan Desa Molingkapoto dan Molingkapoto Selatan.

Jalan sepanjang satu kilometer tersebut akan membuka aktivitas perekonomian di berbagai sektor, di antaranya pertanian, perkebunan, hingga pelayanan publik yang memadai di pusat ibu kota kabupaten.

Danrem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim mengatakan TMMD ke-113 ini adalah bentuk nyata kemanunggalan TNI dan masyarakat.

"Dalam hakikatnya TMMD bertujuan membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran nonfisik,” kata dia.

Dandim 1314/Gorut Letkol Czi Embi Triono yang hadir dalam penandatanganan kerja sama itu mengatakan kegiatan TMMD ke-113 Tahun ini akan berlangsung selama 34 hari.

“Kegiatan dimulai pada 11 Mei sampai 9 Juni 2022. Kami akan fokus membangun jalan penghubung Desa Molingkapoto dan Molingkapoto Selatan,” kata dia. (cuy/antara/jpnn) 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aksi Prada Angga Anggota Satgas TMMD ke-110 Kodim 1206/Psb Menuai Pujian


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler