Jepang Catat Sejarah Indah Asia di Piala Dunia

Selasa, 19 Juni 2018 – 21:26 WIB
Yuya Osako (15), penentu kemenangan Jepang atas Kolombia. Foto: AFP

jpnn.com, SARANSK - Jepang memetik tiga poin di laga perdananya di Grup H Piala Dunia 2018. Meladeni Kolombia di Mordovia Arena, Selasa (19/6) malam WIB, Samurai Biru menang 2-1.

Kemenangan ini membuat Jepang menjadi negara Asia pertama yang menaklukkan wakil Amerika Selatan di Piala Dunia. Opta Joe mencatat, rekor Asia vs Amerika Selatan kini menjadi; Benua Kuning menang sekali, imbang tiga kali dan kalah 14 kali.

BACA JUGA: Gempa Osaka Ganggu Persiapan Jepang Ladeni Kolombia

Kemenangan Jepang atas Kolombia sedikit banyaknya dibantu dengan diusirnya Carlos Sanchez, karena dianggap sengaja menahan tendangan Shinji Kagawa dengan tangannya di kotak penalti. Sanchez menerima kartu merah langsung dari wasit asal Slovenia, Damir Skomina. Itu menjadi kartu merah pertama di Piala Dunia 2018.

Kawaga yang menjadi algojo penalti berhasil membawa Jepang unggul 1-0 pada menit keenam. Kolombia tak menyerah. Juan Quintero menyamakan kedudukan lewat sepakan bebas mendatar di menit ke-39.

BACA JUGA: Pesan dari Mohamed Salah, Menyejukkan Mesir, Mengancam Rusia

Gol penentu kemenangan Negeri Matahari terbit lahir di menit ke-73 lewat heading Yuya Osako. Skor 2-1 untuk Jepang bertahan hingga 2 x 45 menit usai.

Untuk sementara, Jepang pun memimpin Grup H dengan tiga poin. Dua penghuni pul lainnya, Polandia dan Senegal, sesaat lagi akan merumput mencari poin. (adk/jpnn)

BACA JUGA: Top Scorer PD 2014 Terancam Absen di Laga Kolombia vs Jepang

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Piala Dunia 2018: Nostalgia Keisuke Honda di Rusia


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler