Jepang Kirim Robot Teman Ngobrol Astronot ke ISS

Minggu, 04 Agustus 2013 – 17:17 WIB
Kirobo, robot yang bisa bercaka-cakap yang akan diluncurkan ke luar angkasa. Foto; Space.Com

jpnn.com - TOKYO - Jepang menjadi pelopor dengan meluncurkan robot yang dapat berbicara pertama kalinya ke luar angkasa sebagai pendamping astronot Kochi Wakata yang akan menjalankan misinya pada November mendatang. Robot itu akan tinggal landas dari Pulau Tanegashima bersama roket tanpa awak yang juga membawa pasokan bagi kru yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Menurut space.com, Sabtu (3/8), robot berukuran 34 cm bernama Kirobo akan tiba di ISS pada 9 Agustus nanti. Pengiriman robot ini merupakan bagian dari studi tentang cara mesin dapat memberikan dukungan emosional kepada orang-orang yang terisolasi dalam periode yang cukup panjang.

BACA JUGA: Temukan Antibiotik Baru dari Lautan untuk Lawan Anthrax

Peluncuran roket H-2B ini akan disiarkan secara online oleh Badan Eksplorasi Angkasa Jepang (JAXA). Roket tanpa awak ini juga akan membawa air minum, makanan, pakaian dan pasokan alat-alat kerja bagi enam kru permanen yang berada di ISS.

Proyek robot ini merupakan patungan produsen mobil Toyota dan perusahaan periklanan Dentsu. Kirobo sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti 'harapan' dan 'robot'. Kirobo memiliki berat 12 kg dan memiliki jangkauan gerakan fisik yang luas. Robot ini dirancang terinspirasi karakter animasi Astro Boy.

BACA JUGA: Cerdas Menggunakan Gadget di Saat Mudik

Kirobo telah diprogram untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang dan menyimpan percakapan dengan Wakata yang akan mengambil alih jabatan sebagai pimpinan di ISS pada akhir tahun ini. "Kirobo akan mengingat wajah Wakata, sehingga dapat mengenalinya jika mereka bertemu di luar angkasa," kata Tomotaka Takahashi, si pencipta Kirobo.

"Saya berharap robot ini dapat berfungsi sebagai mediator antara orang dan mesin, atau orang dan internet, dan terkadang antara orang dan orang," tambahnya.

BACA JUGA: Penyelamat Keluarga dari Boraks

Belasan uji coba telah dilakukan selama lebih dari sembilan bulan untuk memastikan kehandalan Kirobo. Robot itu memiliki kembaran yang ada di bumi bernama Mirata. Robot Mirata akan memantau semua masalah mitra elektroniknya yang berada di luar angkasa. "Ini merupakan langkah kecil bagi saya, sebuah lompatan besar bagi robot, "pungkasnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasang Wi-Fi di Gigi untuk Kontrol Perilaku Makan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler