Jerman Khawatirkan Mental Penggawa Bayern

Pascakekalahan di Liga Champions

Senin, 21 Mei 2012 – 07:37 WIB

MUNCHEN - Ketakutan pelatih tim nasional Jerman Joachim Loew ternyata menjadi kenyataan. Setelah kekalahan Bayern Munchen di ajang DFB Pokal, klub asal Bavaria itu kembali menelan hasil negatif pada babak final Liga Champions dari Chelsea, kemarin dini hari.

Bukan hanya soal gengsi karena dia orang Jerman, melainkan Loew khawatir jika kekalahan Bayern tersebut akan memberikan pengaruh yang buruk bagi mental para pemain Bayern di timnas Jerman. Terlebih kekalahan dari Chelsea kemarin sangat memukul psikologis pemain Bayern.

Saat ini, setidaknya ada delapan pemain Bayern yang bercokol di skuad Jerman. Dan hampir semuanya masuk dalam line up saat final Liga Champions, di antaranya penjaga gawang Manuel Neuer, palang pintu Philip Lahm, Holger Badstuber,  dan Jerome Boateng, trio gelandang Bastian Schweinsteigger, Thomas Mueller, dan Toni Kroos.

Kemudian ditambah lagi dengan penyerang andalan Bayern Mario Gomes. "Sepakbola seringkali memang sangat brutal. Sampai sekarang pun kami masih merasakan kecewaaan dan kesedihan dengan hasil kekalahan yang dialami Bayern kemarin," kata Loew seperti yang dikutip di AFP.

Menurutnya, kekalahan di partai final sangat memberi tekanan tersendiri bagi penggawa Bayern di timnas. Selain gagal memberi gelar keduanya selama musim ini, kekalahan itu juga terjadi di depan publiknya sendiri di stadion Allianz Arena, Munchen. Beberapa hari sebelumnya, Bayern juga dipecundangi Borussia Dortmund di piala DFB Pokal.

Kerja keras kini sudah menunggu Loew untuk mengembalikan semangat dari para penggawanya itu. Apalagi, kick-off Euro 2012 sudah menyisakan  18 hari lagi. Thomas Mueller dkk pun rencananya bakal memulai pemusatan latihan di selatan Perancis, Jumat pekan ini. "Mereka harus segera bangkit," lanjut Loew.

Manajer timnas Jerman Oliver Bierhoff menyebut proses pengembalian semangat para penggawanya tidak akan semudah membalikkan tangan. Butuh proses yang memakan waktu beberapa hari. "Kami tidak punya ramuan ajaib untuk membangunnya kembali dalam waktu singkat," ujar Bierhoff.

Meski demikian, mantan bintang klub AC Milan itu tetap optimistis langkah pihaknya akan menemui titik terang. Dia memprediksikan timnas Jerman bisa tetap berprestasi di Euro nanti. "Yang penting mereka bisa bangkit dulu. Kami yakin, bersama mereka kami bisa meraih gelar juara," sebut dia.

Pada Euro 2008 lalu, Jerman berada di grup B bersama tuan rumah Austria, Polandia, dan Kroasia. Jerman mengakhiri penyisihan dengan status sebagai runner up di bawah Kroasia. Sayang, langkah impresif Jerman gagal berlanjut di laga pamungkas. Gelar juara Eropa yang ke-10 lepas setelah mereka kalah satu gol dari Spanyol di final. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi, Pecahkan Rekor Top Skor Empat Musim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler