Jika Gagal Menang, Posisi Sriwijaya FC dalam Bahaya

Minggu, 30 Juli 2017 – 00:46 WIB
Hilton Moreira. Foto: sumatera ekspress/jpg

jpnn.com, PALEMBANG - Sriwijaya FC harus yakin bisa mengalahkan Persipura Jayapura dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, sore ini (live TV One pukul 15.00 WIB).

Sekalipun kondisi kedua tim di papan klasemen ibarat bumi dan langit. Persipura seperti di langit karena berada di puncak klasemen, sementara Sriwijaya FC ada di bumi karena terdampar di peringkat 15 atau satu strip di atas zona degradasi.

BACA JUGA: Lebih Diunggulkan, Persipura Tetap Waspadai Kebangkitan Sriwijaya

Keyakinan itu harus dibangun karena pertandingan malam ini berlangsung di kandang tim berjuluk Laskar Wong Kito. Di saat yang sama, Yu Hyun Koo dkk sedang kejar setoran untuk menjauh dari kejaran zona degradasi.

Jika gagal menang, bisa berbahaya. Perseru Serui yang berada di peringkat ke-16 dengan jarak delapan angka dengan Sriwijaya FC siap menendang Sriwijaya FC ke kubangan zona degradasi.

BACA JUGA: Kasihan...Persiba jadi Juru Kunci Klasemen Setengah Musim Liga 1

Pelatih Sementara Sriwijaya FC Hartono Ruslan paham betul ancaman tersebut. Karena itu, dia instruksikan Yu Hyun Koo dkk untuk tetap memainkan sepak bola menyerang demi mengejar gol kemenangan.

"Kami akan main menyerang. Kami tidak takut. Namun demikian juga pemain tidak boleh mengendorkan pertahanan. Para pemain juga harus sigap jika datang serangan balik lawan," terang pelatih Hartono Ruslan, Sabtu (29/7).

BACA JUGA: Tanpa Boaz, Persipura Masih Ada Prisca dan Marinus yang Berbahaya

Hartono ingin, kemenangan di laga ini dipersembahkan untuk para pecinta Sriwijaya FC. Dia berharap, para pendukung Sriwijaya FC mau memberikan dukungan langsung ke stadion.

Keberadaan mereka di tribun stadion akan menjadi spirit tersendiri saat meladeni permainan tim sekuat Persipura yang belum terkalahkan di enam pertandingan terakhir.

"Kami butuh dukungan suporter. Suporter bagi kami memiliki peran sangat penting. Dukungan mereka bisa menambah motivasi pemain di lapangan. Kami berharap para suporter datang ke stadion menyemangati kami dalam berjuang," ucapnya.

Dukungan suporter diperlukan karena kondisi Sriwijaya FC tidak dalam kondisi terbaik. Banyak pemain bermasalah dengan kebugaran. Macam Bobby Satria yang masih keluhkan bengkelnya yang ngilu.

Cedera ini diperoleh saat perkuat benteng pertahanan Sriwijaya FC kala bermain imbang dengan tuan rumah Persegres Gresik United 1-1 di Gresik 24 juli lalu.

Kondisi ini memaksanya menurunkan duet Yanto Basna dan Firdaus Ramadhan di jantung pertahanan Sriwijaya FC.

Belum lagi kondisi belum fitnya Alberto Beto Goncalves. Mesin gol asal Brazil ini masih keluhkan otot selangkangan yang tertarik.

Untuk mengantisipasi tidak maksimalnya permainan Beto, Hartono menyiapkan Airlangga Sucipto dan Rizki Dwi Ramadhana untuk menjadi tumpuan di depan.

"Bisa juga dengan menggeser Hilton Moreira ke tengah jika perlu. Banyak skenario yang kami siapkan untuk menjaga permainan. Intinya, kami harus main menyerang karena ini kandang kami demi poin tiga," tegas arsitek kelahiran Malang ini.

Bek tengah Sriwijaya FC Firdaus Ramadhan sendiri sudah tidak sabar mengawal pertahanan Sriwijaya FC dari gempuran penyerang Persipura. Dia akan menjalankan instruksi pelatih untuk sukses kan misi tersebut.

"Kami akan berjuang maksimal untuk menang. Ini laga krusial bagi kami. Kemenangan sangat penting untuk benahi peringkat di papan klasemen. Kami percayakan strategi bermain kepada pelatih," jelas Firdaus.

Sementara Pelatih Persipura Jayapura Wanderley da Silva juga gak mau kalah psywar. Arsitek berpaspor Brazil ini sesumbar bisa membawa pulang tiga angka dari Jakabaring. Mereka yakin bisa lakukan itu karena kondisi tim sangat mendukung.

Situasi ruang ganti pemain sedang kondusif karena tren positif yang telah diciptakan pemain dengan tidak kalah dalam enam pertandingan terkahir hingga mengantarkan mereka melejit ke puncak klasemen sementara Liga 1.

"Kami ke sini yakin bisa mendapat tambahan tiga poin. Kami tahu itu tidak mudah karena butuh melewati sebuah pertandingan. Tapi kami yakin bisa lakukan itu," ungkap Wanderley. (kmd)

Perkiraan Pemain

Sriwijaya FC (4-2-3-1): 12-Teja (g); 22-Marckho, 27-Firdaus, 13-Yanto, 11-Zalnando; 6-Hyun Koo, 24-Ichsan; 91-Nabar, 75-Tijani, 10-Hilton; 9-Beto

Pelatih: Hartono Ruslan

Persipura (4-3-3): 1-Yoo Jae Hoon (g); 21-Pae, 4-Salampessy, 44-Tjoe, 14-Ruben; 32-Tahir, 12-Nelson, 11-Wanggai; 16-Yan Nasadit, 20-Addison, 23-Prisca

Pelatih: Wanderley da Silva

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekjen PSSI: Wasit Asing yang Pasti Baru dari Australia dan Kyrgiztan


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler