JKT 48 Makin Dekat dengan Penggemar Lewat Platform Live Streaming IDN Live

Sabtu, 11 Maret 2023 – 22:22 WIB
Live streaming makin digandrungi termasuk oleh JKT48. Ilustrasi. Foto: dok IDN Live

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa tahun belakangan, konten live streaming mulai mendulang popularitas sebagai salah satu format pilihan di Indonesia.

Terlebih saat pandemi yang mulai melanda pada 2020, kondisi memaksa masyarakat Indonesia untuk berdiam di rumah dan mengubah cara mereka bersosialisasi dan mencari hiburan. 

BACA JUGA: JKT48 Tampilkan Lagu Fortune Cookie Yang Mencinta, Kameha-Meha Menggema

Live streaming menjadi salah satu media hiburan yang naik daun di era pandemi.

Format konten berbasis video yang ditayangkan secara langsung ini semakin populer karena menghadirkan interaksi yang real-time dan autentik antara content creator yang disebut streamers dengan para penontonnya.

BACA JUGA: Keluar dari JKT48, Tasya SUN Sempat Pesimistis Berkarier di Dunia Hiburan

Hiburan di live streaming pun beragam mulai dari kegiatan nonton bareng, sesi tanya jawab, bernyanyi, hingga melakukan challenge.

Tak hanya sebagai sarana hiburan, live streaming memiliki potensi ekonomi yang besar.

BACA JUGA: Debut Lewat Kalian Pantas Mati, Zee JKT48 Ungkap Sebuah Fakta

Dari sisi streamers, berkarya di platform live streaming bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan karena selama live streaming berlangsung, para audiens yang menyukai konten sang streamers akan memberikan virtual gift.

Sementara, platform live streaming dapat dimonetisasi melalui kolaborasi bersama brand yang ingin melakukan tap-in di platform serta memasang iklan.

Dengan perkembangan industri yang terlihat semakin tinggi, pada pada 2027, industri live streaming diperkirakan akan mencapai nilai $247 miliar.

Platform live streaming menghadirkan peluang yang unik bagi brand dan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan lebih memahami target mereka.

Melihat potensi besar live streaming di masa depan, IDN Media, perusahaan media multi-platform ternama di Indonesia meluncurkan platform hiburan satu pintu yaitu IDN.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna untuk mencari hiburan antara lain IDN News (news aggregator), IDN Live (platform live-streaming), IDN Film, dan IDN Quiz yang memungkinkan para pengguna untuk bermain kuis. 

Salah satu fitur unggulan di aplikasi itu adalah IDN Live, yang merupakan platform live streaming.

Peran IDN Live pun menjadi begitu besar di saat pandemi. JKT48, grup idol terbesar di Indonesia yang bergabung ke dalam ekosistem IDN Media sejak 2022, memanfaatkan IDN Live untuk berinteraksi dengan para penggemarnya.

“Pandemi memaksa seluruh anggota JKT48 untuk menunda pertunjukan selama lebih dari setahun. Pada saat itu, live streaming menjadi salah satu cara agar para anggota JKT48 dapat tetap bisa menjaga interaksi dengan para penggemar. Live streaming berperan sebagai wadah tempat penggemar kami dapat berinteraksi dengan anggota JKT48 dari manapun mereka berada. Melalui konten live streaming, kami juga dapat menjangkau penggemar JKT48 di luar Jakarta, membangun relasi yang lebih kuat, dan memonetisasi interaksi tersebut di IDN Live,” ujar Ryo Kenjo, Head of JKT48 membagikan pengalaman live streaming. 

Sejak dikembangkan pada 2021, platform IDN Live telah menambahkan banyak fitur untuk mendukung kenyamanan para pengguna.

Mulai dari fitur chat, virtual gift, hingga yang terbaru yaitu meluncurkan user generated feature (UGC) di mana siapapun bisa menjadi live streamers di IDN Live.

“Kami percaya bahwa live streaming akan menjadi format konten masa depan di industri media, karena setiap orang akan mengonsumsi konten live streaming. Itulah alasan kami memasuki industri ini lebih awal, karena kami ingin menjadi pemimpin pasar dan merevolusi industri media dan hiburan. Visi kami adalah untuk mendemokratisasi cara content creator berinteraksi dengan audiensnya serta mencari nafkah dari live streaming," ujar Winston Utomo, Pendiri dan CEO IDN Media /  

Filipus "Bangpen" Fendi, seorang content creator Indonesia dan pendiri Genesis Dogma GIDS dengan 1,61 Juta pengikut di YouTube mengaku dia juga memanfaatkan IDN Live untuk melakukan live streaming.

“Saya suka cara IDN Live berhasil membangun komunitas live streaming. Bermain game membawa para audiens ke dunia yang imersif, menghibur, dan menyedot perhatian mereka. Namun, karena bermain game terkadang menjadi begitu membosankan. Menyenangkan dapat mengetahui bahwa orang-orang mendengarkan sesi live streaming untuk bersenang-senang tetapi juga untuk menjadi bagian dari komunitas individu yang memiliki hobi yang sama," ujar Bangpen. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler