Jokowi Akan Jadikan Taman BMW Kandang Persija

Senin, 26 November 2012 – 18:22 WIB
Suporter Persija. Foto: dok JPNN
JAKARTA - Rencana pembangunan fasilitas olahraga bertaraf internasional di Taman Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW) telah didengungkan sejak Gubernur Fauzi Bowo masih berkuasa. Namun, hingga sang gubernur berkumis lengser rencana itu masih belum terealisasi.

Kini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo selaku penerus Gubernur Fauzi Bowo menyuarakan lagi rencana tersebut. Ia mengaku akan memulai pembangunan di atas lahan seluas 66 hektar tersebut tahun depan.

"Tahun depan persiapan, pokoknya mulai bangun tahun depan," ujar Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Jokowi, di Taman BMW akan dibangun stadion sepak bola dengan kapasitas 50 ribu orang. Rencananya, stadion tersebut akan menjadi kandang tim sepak bola ibu kota. Persija Jakarta.

Di taman yang berlokasi di Jalan RE Martadinata Jakarta Utara tersebut, juga akan dibangun fasilitas untuk jenis olahraga lainnya. Selain itu, taman BMW juga akan dijadikan tempat rekreasi keluarga dan taman terbuka hijau.

"Yang paling penting itu untuk ruang terbuka hijau, disitu ada botani gardennya, ada danaunya untuk ruang publik," ungkap Jokowi,

Untuk anggaran, Jokowi mengaku sudah menyiapkan rupiah sebesar 1,05 triliun. Sumber dana sendiri berasal dari APBD DKI yang akan dikucurkan secara bertahap (multi years).

Saat ini anggaran untuk pembangunan Taman BMW tengah diajukan kepada DPRD DKI. Jokowi menargetkan proyek ini akan rampung dalam waktu dua tahun.

"Rampung lah dua tahun, itu anggaran sudah masuk stadionnya, landscape-nya kira-kira itulah. Coba kita lihat nanti posisinya karena sekali lagi budgeting ada di dewan. Ini dalam proses pengajuan ke dewan," tandas mantan Walikota Surakarta itu. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dishub DKI akan Tambah 3000 Personil

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler