Jokowi akan Tebang Pohon-pohon Kropos

Jumat, 11 Januari 2013 – 14:30 WIB
JAKARTA - Hujan dan angin kencang yang melanda Jakarta beberapa hari belakangan tidak hanya menyebabkan genangan air. Di beberapa wilayah ibu kota, puluhan pohon tua tumbang diterpa angin.

Untuk mengatasi masalah ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku telah memerintahkan jajaran terkait untuk bertindak cepat.

"Kemarin yang sudah banyak itu ada enam di (Jakarta bagian) utara, enam di (Jakarta bagian) barat. Semuanya sudah, saya perintahkan langsung diangkat," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/1).

Untuk mencegah bertambahnya pohon yang tumbang, ia juga meminta pohon-pohon di ibu kota untuk ditata kembali. Ia memerintahkan pohon-pohon yang sudah terlalu rimbun untuk dipangkas.

"Tapi kalau memang pohonnya sudah tua, ada lubang-lubangnya yang kemungkinan robohnya besar ya sudah dirobohkan," ujar mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 81 pohon di Jakarta tumbang akibat angin besar kemarin. Angin juga merusak 3 rumah, 1 jembatan penyebrangan dan 9 mobil rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

"BPBD DKI Jakarta dan dinas terkait bersama masyarakat telah melakukan pembersihan pohon tumbang tersebut," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan persnya.

Sutopo mengatakan, BMKG memprediksi angin kencang akan terus melanda Jakarta hingga dua hari ke depan. Hal ini dipengaruhi oleh siklon tropis Narella, yang terjadi di Samudera Hindia. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... APBD DKI Nyaris Rp 50 Triliun

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler