Jokowi Bagi-bagi Uang Rp 500 Ribu ke Kusir Delman

Kamis, 13 Juni 2013 – 15:39 WIB
JAKARTA - Hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengundang 51 orang kusir delman ke kantornya. Gubernur Jokowi bermaksud melihat kondisi delman yang telah direhabilitasi.

"‪‪Delman itu seminggu yang lalu saya berikan uang untuk ngecat delmannya, memberi aksesoris di atasnya, biar dilihat cantik," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (13/6).

Pantauan JPNN, sejumlah delman parkir di halaman Balai Kota. Delman-delman itu dalam kondisi tercat rapi dan dihiasi berbagai pernak-pernik.

Upaya mempercantik puluhan delman yang biasa beroperasi di kawasan Monas ini dalam rangka memeriahkan ulang tahun Jakarta. Jokowi ingin warga ibu kota tidak melupakan delman yang merupakan alat transportasi tradisional Jakarta.

"Masa ultah Jakarta, delman dan kerak telor terpinggirkan, tadi saya beri seragam, dan mereka senang," ungkap mantan Wali Kota Surakarta tersebut.
‪‪

Selain menyumbang biaya rehabilitasi, Jokowi juga mencabut peraturan yang melarang delman beroperasi di dalam area Monas. "Tapi cuma mutar-mutar, nggak di dalam," imbuhnya.

Para kusir mengapresiasi sikap Jokowi yang telah memberi bantuan biaya perbaikan delman. Mereka pun merasa kembali diperhatikan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Jamannya Fauzi, delman disingkirin, alasannya ada saja," kata Hasan mewakili kelompok kusir delman asal Kemanggisan, Jakarta Barat.

Hasan mengungkapkan, Jokowi memberikan Rp 500 ribu untuk mendandani delmannya. Ia menambahkan, bantuan tersebut akan diberikan secara rutin oleh Pemprov DKI. Hanya saja, Hasan mengaku nilai bantuan tersebut masih kurang.

"Rp 500 ribu untuk cat doang, kalau (biaya) yang lain nggak dapat," ujar Hasan sudah menjadi kusir sejak tahun 1970an. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nikah Massal Usia Senja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler