Jokowi Diminta Angkat Suhendra Hadikuntono Jadi Kepala BIN

Sabtu, 09 November 2019 – 01:52 WIB
Pengamat intelijen Suhendra Hadikuntono. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Sumatera Utara (Formapsu) meminta Presiden Joko Widodo mengangkat Suhendra Hadikuntono sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Formapsu sendiri terdiri dari berbagai organ. Di antaranya adalah Lembaga Peduli Bangsa, Angkatan Pemuda Batak Indonesia (AMBI), Koalisi Masyarakat Medan (Komad), Laskar Joko Tingkir, Pemberdayaan Masyarakat Madani, dan Rumah Sahabat Da'i  Sumut.

BACA JUGA: Suhendra: KPSN Tidak Mendukung Siapa pun di KLB PSSI

Penasihat Rumah Sahabat Da’i Sumut Samin Pane menjelaskan, Suhendra memiliki rekam jejak yang humanis saat membantu pemerintah menyelesaikan berbagai masalah.

"Sudah saatnya Kepala BIN dari sipil. Selama ini BIN dipimpin oleh tentara atau polisi. Diharapkan dalam kegiatan intelijen nantinya akan lebih humanis," kata Samin, Jumat (8/11).

BACA JUGA: Klaim Gelar Pertemuan Sakral, 104 Pimpinan OKP Dukung Suhendra Jadi Kepala BIN

Ketua Pejuang Islam Nusantara (PIN) Sumut Agus Rijal juga senada dengan Samin.

Menurut dia, supremasi sipil akan bangkit jika Suhendra menjadi kepala BIN.

“Kami yakin beliau pasti lebih mengedepankan pola pendekatan kesejahteraan daripada pendekatan keamanan dalam operasi intelijennya," jelas dia.

Koordinator Forum Masyarakat Peduli Sumut Awaluddin Matondang menambahkan, dukungan kepada Suhendra sangat beralasan.

“Keterlibatan beliau dalam meredam kemarahan rakyat Aceh,akibat pemanggilan Muzakir Manaf, mantan Panglima GAM oleh Komnas HAM, patut diberikan acungan jempol. Suhendra mampu meredam tensi politik Aceh,” kata dia.

Dia juga memuji visi keindonesiaan Suhendra. Menurut dia, Suhendra sangat memperhatikan Aceh hingga Papua.

“Gagasan program Memeluk Papua dengan Sepak Bola guna meredam gejolak di Papua membuktikan Suhendra memiliki naluri kemanusian yang tinggi dalam menyelesaikan konflik," kata Awaluddin. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler