Jokowi ke Jawa Tengah, Bajunya Kompakan dengan Ganjar Pranowo

Sabtu, 03 Desember 2022 – 16:51 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelum menghadiri HUT ke-77 PGRI dan HGN 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (3/12). Dokumen BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Kesekian kalinya Presiden Jokowi menggelar kunjungan kerja ke Jawa Tengah.

Kali ini, kepala negara hadir di provinsi itu dalam acara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022.

BACA JUGA: Jalankan Arahan Presiden Jokowi, PLN Siapkan Pasokan Listrik Untuk Hilirisasi Industri

HUT ke-77 PGRI dan HGN 2022 diselenggarakan di Marina Convention Center, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu (3/12).

Jokowi datang ke Kota Semarang dengan menumpangi pesawat kepresidenan Indonesia. 

BACA JUGA: Program Jokowi Dinilai Berhasil Mendorong UMKM Go Digital

Jokowi tampak dalam foto yang dibagikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres) mengenakan batik PGRI dan celana bahan hitam saat tiba di bandara setempat. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut langsung kedatangan Jokowi setelah turun dari pesawat kepresidenan di bandara setempat. 

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Presiden Kita Menggema di Kota Serdang Bedagai

Ganjar tampak mengenakan pakaian yang senada dengan Jokowi, yakni batik PGRI dan celana berkelir hitam. 

Keduanya kemudian menuju lokasi acara HUT ke-77 PGRI dan HGN 2022 di Marina Convention Center, Kota Semarang. 

Jokowi seperti dalam keterangan pers BPMI Setpres turut menyampaikan sambutan di acara yang dihadiri para guru se-Indonesia. 

Dia mengucapkan terima kasih kepada para guru yang terus mengawal masa depan bangsa melalui pendidikan bagi anak-anak dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

"Terima kasih atas kerja keras Bapak, Ibu guru semuanya saat pandemi, dan terima kasih telah mengawal masa depan anak-anak kita selama pandemi," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Sabtu. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyadari para guru, dosen, dan tenaga kependidikan selama pandemi dihadapkan pada masa-masa berat. 

Semisal, pembelajaran kepada peserta didik harus dilakukan secara daring dengan segala keterbatasan di lapangan. 

Jokowi pun bersyukur pandemi mulai terkendali dan aktivitas rakyat mulai dari pendidikan hingga ekonomi bisa berangsur-angsur pulih.

"Pandemi Covid-19 bisa dikendalikan dan ekonomi juga bisa kembali pulih seperti sebelum Covid. Ini yang patut disyukuri," ujar Jokowi.

Kepala negara kemudian mengingatkan saat ini arus perubahan sangat cepat. Para guru pun dituntut beradaptasi dengan teknologi hingga menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tantangan zaman. 

"Oleh sebab itu, saya minta sekali lagi, update informasi itu sangat dibutuhkan agar anak didik juga bisa diberikan informasi yang terkini," kata Jokowi. 

Dia mengatakan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru melalui berbagai program. 

Misalnya, Program Merdeka Belajar, Program Merdeka Mengajar, dan Program Guru Penggerak. 

Presiden menekankan bahwa program utama tadi indinya mewujudkan transformasi pendidikan dalam mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok Tanah Air.

"Selamat Hari Ulang Tahun PGRI yang ke-77 dan selamat Hari Guru Nasional dan terima kasih kepada para guru yang telah bekerja dengan dedikasi terbaik," kata Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam acara HUT ke-77 PGRI dan HGN 2022 yaitu Mendikbudristek Nadiem Makarim, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Plt. Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah Muhdi. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Respons Ganjar Pranowo Setelah Dapat Dukungan dari PAN Jateng


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler