Jokowi Minta Siswa Pelaku Tawuran Bisa Ujian

Rabu, 19 Desember 2012 – 18:49 WIB
JAKARTA - Jelang pelaksanaan ujian nasional, nasib para siswa SMA 70 yang terlibat tawuran maut dengan siswa SMA 6 beberapa bulan lalu kembali menjadi sorotan. Pasalnya, mereka terancam tidak bisa ikut ujian nasional karena telah dikeluarkan oleh sekolah.

Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjamin bahwa para siswa pelaku tawuran tersebut dapat mengikuti ujian.

"Saya sampaikan kepada kepala dinas dan sekolah, agar anak itu tetap biar ikut ujian di SMAN 70, karena waktunya sudah mepet," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (19/12).

Menurut Jokowi, siswa tersebut masih menjadi tanggung jawab sekolah meski telah melakukan tindakan yang tidak terpuji. Untuk itu sekolah tidak bisa lepas tanggung jawab begitu saja.

Jokowi menambahkan, siswa-siswa pelaku tawuran seharusnya justru mendapat perhatian lebih dari sekolah.

"Tugas guru biar anak yang bandel menjadi tidak bandel, yang karakternya tidak baik menjadi baik. Itu tugas sekolah, bukan hanya ngajarin matematika, biologi, fisika, sejarah," papar mantan Walikota Surakarta itu.

Masih menurut Jokowi, sekolah bisa melepaskan tanggung jawab apabila siswa pelaku tawuran telah diproses secara hukum. Jokowi menegaskan, sekolah tidak perlu mencampuri ranah hukum.

"Kalau yang tersangka itu kan wilayah hukum, biar saja masuk wilayah hukum lah. Itu bukan urusan saya, bukan urusan sekolah, guru, itu wilayahnya hukum. Kalau yang urusan kita itu bagaimana anak itu tetap bisa lulus," pungkasnya.

Sekedar diketahui, tawuran berdarah pecah antara sekelompok siswa SMA 6 dan SMA 70 beberapa bulan lalu. Perkelahian tersebut mengakibatkan satu orang siswa SMA 6, Alawy Yusianto Putra tewas.

Seorang siswa SMA 70 berinisial FR telah dinyatakan sebagai tersangka pembunuhan dan tengah menjalani proses hukum. Beberapa orang siswa SMA 70 lainnya yang tidak menjadi tersangka juga dikeluarkan akibat terlibat tawuran tersebut. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Satpol PP DKI Jakarta Konsumsi Ganja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler