Jokowi: Saya Baru Dengar Ada Menteri Diundang Menko Tidak Pernah Hadir

Kamis, 24 Oktober 2019 – 12:40 WIB
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi menegaskan bahwa menteri Kabinet Indonesia Maju harus bisa bekerja sama dalam tim, bukan justru berjalan sendiri-sendiri.

Penegasan ini diisampaikan Jokowi saat membuka sidang perdana Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

BACA JUGA: Menteri yang Bertahan dan Bergeser di Kabinet Jokowi

"Kerja kita adalah kerja tim, bukan kerja menteri per menteri, bukan kerja sektoral. Ini membangun sebuah negara besar, tidak mungkin menteri berjalan sendiri-sendiri," tegas Jokowi.

Suami Iriana itu juga mengingatkan peran para menteri koordinator dalam mengkoordinasikan program-program kementerian terkait. Setiap menteri, menurutnya, harus memahami hal ini.

BACA JUGA: Sidang Kabinet Perdana, Ini Tugas Jokowi untuk Mendagri Tito

"Ada yang dikoordinasi oleh para menko. Jangan sampai ada lagi (menteri) diundang menko tidak hadir. Ada yang seperti ini. Saya juga baru dengar," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Hal semacam itu menurutnya bisa menghambat koordinasi antar-anggota kabinet dalam menjalankan program-program yang ada.

"Bagaimana kita bisa mengonsolidasi, koordinasi, diundang rapat oleh menko tidak pernah hadir. Hal seperti ini yabg harus saya garis bawahi. Sekali lagi, kerja tim," kata Jokowi, memberi penegasan. (fat/jpnn)