Jokowi Siapkan Karnaval Sekaliber Rio de Janeiro

Selasa, 18 Juni 2013 – 16:51 WIB
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta tidak henti-hentinya menggelar acara untuk memeriahkan HUT Jakarta ke-486. Pada tanggal 30 Juni mendatang, Pemprov DKI akan menggelar karnaval besar-besaran di kawasan Jalan Thamrin.

Rencananya, karnaval akbar itu dinamai  "Jakarnaval". "‪‪Karnaval, dari sini (Balai Kota) ke HI dan muter," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/6).‬‬

Gubernur yang akrab disapa Jokowi ini menuturkan, ribuan orang akan ikut serta dalam Jakarnaval. Peserta Jakarnaval bukan cuma berasal dari Jakarta, tetapi juga wilayah lain seperti dari Jember, Magelang, Solo, Kutai, dan Subang.

Menurutnya, konsep Jakarnaval sama dengan acara Jakarta Night Festival yang digelar pada malam tahun baru 2013 lalu. Nantinya, Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Selatan akan ditutup untuk kendaraan.

Jakarnaval juga akan dimeriahkan oleh hasil kreativitas siswa SMA se-Jakarta. Mereka akan membuat ondel-ondel khas Betawi dalam versi baru dan berbagai kerajinan lainnya.

Siang tadi para siswa SMA membawa hasil karyanya ke Balai Kota untuk ditunjukkan kepada Jokowi. "Ini mau menampilkan ondel-ondel dalam versi kekinian gitu lho, kira-kira itu," ungkap Jokowi

Jokowi sendiri akan ikut berpartisipasi dalam karnaval ini. Rencananya, mantan Wali Kota Surakarta ini akan memimpin rombongan Pemprov DKI dengan menaiki kuda.

Jokowi meyakini Jakarnaval akan dibanjiri pengunjung dari Jakarta dan wilayah sekitarnya. Ia juga mengatakan, Jakarnaval tidak akan kalah dengan karnaval kaliber dunia seperti karnaval Rio de Janeiro Brazil atau, atau Tournament of Roses di Pasadena, Amerika serikat.

"Ya masa Rio bisa bikin sebuah karnaval yang terkenal, Pasadena bisa buat karnaval yang terkenal, Jakarta lebih dari bisa. Karena materi-materinya itu lebih baik, kreativitas anak-anak mudanya sudah lebih baik," paparnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok Akui PRJ Monas Tak Bisa Saingi PRJ Kemayoran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler