Jokowi tak Punya Rumah di Jakarta

Kamis, 20 September 2012 – 12:56 WIB
Rumah sahabat Jokowi, Rio Sarwono, di kawasan Jalan Batu Arab I nomor 3C, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Foto: Natalia/JPNN
JAKARTA--Sebagai salah satu kandidat calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo ternyata belum memiliki rumah di wilayah Jakarta. Selama sekitar enam bulan lamanya berlaga di kancah Pilkada DKI Jakarta, ia tinggal di rumah sahabatnya Rio Sarwono di kawasan  Jalan Batu Arab I nomor 3C, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Rumah berhalaman luas dan ditumbuhi banyak pepohonan itu diberi nama 'Rumah Saya'. Jokowi mengaku ditawarkan banyak rumah oleh teman-temannya, tapi ia memilih rumah Rio Sarwono.

"Saya ditawari yang mewah-mewah, tapi buat apa, saya lebih seneng tinggal di sini, hijau, dan adem, banyak pohon," ujar Jokowi di rumahnya sambil memandang halamannya yang baru saja dibersihkan oleh salah satu penjaga rumah, Kamis (20/9) pagi.

Jokowi tak menyebutkan alasan mengapa ia memilih tinggal di rumah sahabat daripada di membeli rumah sendiri.

Rumah yang dipilih Jokowi ini tampak bernuansa Jawa kental. Di tengah halaman yang luas dan pohon yang rimbun, ada sebuah pendopo yang cukup besar untuk ditempati sekitar 20 orang. Ada sebuah becak  terparkir di depan pendopo itu.

Layaknya rumah dengan khas Jawa, ada beberapa ukiran di pintu rumah hingga bagian dalamnya. Kursi-kursi dari rotan pun tertata rapi di ruang depan rumah itu.

Suasana khas kampung di wilayah Jawa Tengah pun kian kental tatkala beberapa ayam peliharaan berkeliaran mencari makan di halaman itu tanpa terusik kendaraan dan keramaian jalan.  Rumah itu lengang dan jauh dari kebisingan.

Jokowi pun menggunakan dialek Jawa fasih saat berbicara dengan para pekerja di rumah itu. Suasana rumah itu terasa hangat, tanpa terpengaruh sosok Jokowi yang sebentar lagi menjadi orang penting di Jakarta. Jokowi mengaku saat ini belum memikirkan soal rumah karena ia fokus menghadapi putaran kedua.

"Nanti aja.  Enggak saya pikirin sekarang," kata dia.

Saat mempersiapkan dirinya, sahabat Jokowi, Rio Sarwono dan istrinya Siska menyambangi rumah tersebut. Mereka datang membawa beberapa plastik makanan. Tak hanya itu, pasangan tersebut pun kompak memakai kemeja kotak-kotak. Rio bahkan menemani Jokowi sarapan pagi tadi.

"Saya sahabatan dengan Jokowi, karena sama-sama dari Solo. Ini bukan disewakan, saya berikan untuk beliau pakai, sejak beberapa bulan lalu," tutur Rio.

"Saya doakan beliau sukses putaran kedua," sambung Rio.

Rio mengatakan ia akan ikut bersama Jokowi saat penghitungan cepat di Posko Pemenangan Jokowi-Ahok di Jalan Borobudur, Menteng siang nanti. (flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sosialisasi Kurang, Pembagian Hasil Pemindaai Tes CPNS Ricuh

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler