Jokowi Tertarik Monorel Produk Lokal

Rabu, 13 Februari 2013 – 18:49 WIB
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengapresiasi monorel rancangan PT Melu Bangun Wiweka (MBW) yang diproduksi menggunakan 80 persen komponen lokal. Ia pun tertarik untuk menggunakan rancangan tersebut dalam proyek monorel.

"Pokoknya semua produk dalam negeri sangat tertarik," kata Jokowi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/2).

Jokowi mengingatkan, saat ini kelanjutan proyek monorel belum diputuskan. Apabila lampu hijau telah diberikan, ia akan mendorong Jakarta Monorail selaku pelaksana proyek monorel untuk menggunakan produk-produk lokal.

Namun, ia menegaskan bahwa penggunaan produk dalam negeri bukan sebuah kewajiban. Karena itu penggunaan monorel produksi dalam negeri harus disesuaikan dengan desain awal monorel yang telah dibuat PT Jakarta Monorail.

"Misalnya untuk signaling belum bisa, bisa pakai gerbongnya misalnya. Nggak usah komplit, tapi step by step," papar Jokowi.

Seperti diberitakan, PT Melu Bangun Wiweka (MBW) telah membuat monorel di bengkelnya di kawasan Cibitung, Bekasi. Monorel ini telah memakai komponen lokal sebanyak 80 persen.

Monorel ini memiliki 6 gerbong dengan kapasitas penumpang 768 orang. Pembangunan monorel lokal ini menghabiskan biaya Rp 150 miliar per kilometer. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahok Wacanakan Larang Parpol Pasang Iklan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler