Jonatan Christie cs Ditunggu Jadwal Padat September

Kamis, 06 September 2018 – 11:16 WIB
Jonatan Christie. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setelah Asian Games 2018, tim bulu tangkis sudah ditunggu jadwal padat BWF Tour 2018. Ada Japan Open, China Open dan Korea Open.

Di antara pebulu tangkis Indonesia, ada yang tampil di tiga turnamen tersebut. Namun, patut diwaspadai recovery para pebulu tangkis yang secara persiapan memang belum maksimal betul. Wajar saja, dalam tiga pekan terakhir, para pemain sudah berjibaku dalam perjuangan di Asian Games 2018. 

BACA JUGA: Jonatan Christie Sisihkan Bonus buat Bangun Masjid di Lombok

Artinya, secara teknis, para pemain hanya punya waktu sepekan untuk mempersiapkan diri sebelum tampil di Japan Open pekan depan. Pelatih tunggal putra, Hendry Saputra menyatakan, para pemain sudah kembali berlatih di Cipayung. 

Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Ihsan Maulana Mustofa punya tugas besar di tiga turnamen tersebut. Terlebih bagi Jojo-sapaan Jonatan dan Anthony. Keduanya kini menjadi motor tunggal putra Indonesia untuk bisa bersaing di turnamen top dunia. 

BACA JUGA: Jojo, Nisa, Ega, Aries Susanti, tak Lantas Berleha-leha

Hendry menyatakan persaingan tidak akan mudah. Apalagi waktu persiapan cuma seminggu. “Sekarang ini gak bisa ditebak, peringkat pertama pun bisa dikalahkan, dan sebaliknya. Saya minta anak-anak tetap fokus saja,” ujar mantan pelatih PB Tangkas Jakarta tersebut.

Pada sektor lain, ganda putra andalan Indonesia Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya hanya akan tampil di dua turnamen. Yakni Japan Open dan Tiongkok Open.

BACA JUGA: Marsha Aruan Sempat Digoda Jonatan Christie

Tetapi, di ganda putri, tiga pasangan terbaik pelatnas Indonesia bakal berjuang keras pada tiga turnamen tersebut. Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia dan Anggia Shitta/Ni Ketut Mahadewi sudah dipersiapkan.

Eng Hian, pelatih ganda putri Indonesia menyatakan realistis melihat kondisi para pemainnya. “Yang penting mereka bisa kumpulkan poin maksimal,” ujarnya.

Sebab, melihat pasangan yang turun, persaingan pada tiga turnamen ini bakal cukup alot buat mereka. Khususnya di Tiongkok Open yang berada di level Super 1000 BWF Tour.

Selanjutnya, Eng Hian membidik target buat dua ganda, Della/Rizki dan Anggia/Ketut. “Khusus buat mereka, tahun ini harus dapat gelar dulu, tidak harus di tiga turnamen besar kali ini,” urainya.

Dengan persaingan merata di ganda putri dunia saat ini, Eng Hian melihat kesempatan masih cukup terbuka bagi anak buahnya. Terlepas dari itu semua, proses recovery akan menjadi poin penting bagi para atlet. Sebab, dengan jadwal padat pada Agustus dengan Asian Games, sudah membuat para atlet keteteran. Tidak jarang dari mereka merasakan kelelahan. Salah satunya Jojo yang sempat merasakan nyeri di paha usai final tunggal putra 28 Agustus silam. (nap)

Jadwal Timnas Bulu Tangkis di BWF Tour (September)

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting***

Jonatan Christie***

Tommy Sugiarto***

Ihsan Maulana Mustofa**

Sony Dwi Kuncoro***

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung**

Lyanny Mainaky*

Ganda Putra

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo**

Fajar Alfian/M. Rian Ardianto**

Berry Angriawan/Hardianto**

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan**

Angga Pratama/Ricky Karanda**

Ade Yusuf/Wahyu Nayaka**

Reza Pahlevi/Akbar Bintang*

Rian Agung/Frengy Wijaya*

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu***

Anggia Shitta/Ni Ketut Mahadewi***

Della Destiara Haris/Rizki Amelia***

Ganda Campuran

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja***

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir**

Praveen Jordan/Melati Daeva***

Ricky Karanda/Debby Susanto***

Rinov Rivaldi/Phita Haningtyas*

Ronald Alexander/Annisa Saufika*

Sumber: PP PBSI

Keterangan

*) Tampil hanya pada salah satu turnamen saja

**) Tampil di dua turnamen 

***) Tampil pada semua turnamen, Jepang, Tiongkok, dan Korea

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ssttt..Ada Wanita Tajir Traktir Jonatan Christie dkk


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler