Jordi Amat Cetak Gol, Indonesia Selamat dari Kekalahan

Selasa, 28 Maret 2023 – 22:49 WIB
Edo Febriansyah, full back Indonesia, dikawal ketat oleh pemain Burundi dalam laga di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa (28/3) malam. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Skor akhir Timnas Indonesia vs Burundi ditutup dengan 2-2 dalam laga jilid 2 di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa (28/3) malam.

Sempat unggul terlebih dahulu, Indonesia kema comeback sampai akhirnya Jordi Amat menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir laga.

BACA JUGA: Elkan Baggott Cetak Gol Perdana, Gillingham FC Selamat dari Kekalahan

Performa Timnas Indonesia pada babak kedua tak berubah. Permainan menyerang tetap diperagakan untuk bisa menembus pertahanan Burundi yang tampil lebih baik kali ini dibandingkan laga pertama. 

Shin Tae Yong pun sempat melakukan beberapa pergantian dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam. Perubahan pemain dan taktik itu membuat serangan Indonesia makin hidup. 

BACA JUGA: Link Live Streaming Burundi vs Indonesia: Skuad Garuda Siap Menang Lagi

Hasilnya, pada menit ke-61, Witan Sulaeman membuat Indonesia unggul 1-0 atas Burundi.

Gol Witan itu tercipta setelah Dendy Sulistyawan mampu memecah pertahanan lawan. Dia menusuk ke kotak penalti, kemudian melepaskan umpan cutback yang bisa di tendang mulus masuk ke gawang lawan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Burundi, Shin Tae Yong: Kami Fokus Menyerang

Keunggulan tersebut sempat membuat permainan Indonesia menurun agresivitasnya. Sebaliknya, Burundi bernafsu dan bersemangat untuk bisa mencetak gol.

Kelengahan barisan pertahanan Indonesia membuat lawan leluasa untuk menyerang. Hasilnya, pada menit ke-80, Burundi mampu menyamakan kedudukan via aksi Saido Berahino. Skor sementara imbang 1-1, antara Indonesia kontra Burundi.

Timnas Indonesia yang ingin kembali meraih kemenangan, mencoba tampil lebih terbuka. Masuknya Riko Simanjuntak, memang membuat penyerangan Indonesia semakin hidup.

Namun, saat asyik menyerang, lawan malah bisa membalikkan keadaan menjadi 1-2. Sundulan Abedi Bigiraman pada menit ke-90, membuat penonton di Stadion Patriot terhenyak, Burundi unggul.

Beruntung, penggawa Garuda tak berputus asa. Dengan tambahan waktu lima menit, upaya maksimal dilakukan untuk mengejar ketertinggalan. 

Kerja keras itu terbayar setelah sepakan bebas diberikan di depan Kotak penalti. Marc Klok yang melakukan eksekusi, mengirimkan umpan terukur ke Jordi Amat. Pemain naturalisasi itu menyundul bola dengan baik ke tiang jauh dan menjebol gawang Burundi. 

Skor berubah, Indonesia vs Burundi untuk sementara kedudukan menjadi 2-2. Indonesia berusaha menyerang di sisa waktu yang ada. Namun, wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. 

Kedudukan tak berubah, skor akhir Indonesia vs Burundi bertahan 2-2. Indonesia gagal mengulang hasil positif pada pertemuan pertama Sabtu lalu yang berkesudahan 3-1.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler