Joss! Tekuk Taiwan, The Minions Lolos ke Final BWF World Tour Finals 2021

Sabtu, 04 Desember 2021 – 20:18 WIB
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Foto: (Humas PP PBSI)

jpnn.com, BALI - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melangkah ke Final BWF World Tour Finals setelah menghajar Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Bertanding di Bali International Convention Center, The Minions menang rubber game dengan skor 18-21, 23-21, 21-17 dalam tempo 1 jam (versi BWF).

BACA JUGA: Hoki/Kobayashi Tunggu The Minions di Final BWF World Tour Finals 2021

Pada gim pertama, kedua pasangan terlibat permainan ketat hingga skor 6-6. Sempat unggul 8-6, The Minions kembali dikejar oleh Lee/Wang menjadi 8-8.

Duet Taiwan banyak mencecar pertahanan Kevin/Marcus dengan smes-smes keras. Hal itu membuat Lee/Wang menutup interval pertama dengan keunggulan 11-8.

BACA JUGA: Gebuk Malaysia, Dechapol/Sapsiree Kirim Sinyal Bahaya di Final BWF World Tour Finals 2021

Selepas jeda, The Minions tampil lebih menyerang dan mampu menyamakan skor menjadi 12-12.

Sergapan di depan net menjadi senjata andalan Kevin/Marcus mendulang poin. The Minions perlahan menjauh menjadi 14-12.

BACA JUGA: Kelelahan, An Seyoung Tetap Lolos ke Final BWF World Tour Finals 2021

Sayang, The Minions seperti kehilangan fokus hingga membuat Lee/Wang berbalik unggul 19-16. Peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu akhirnya menang 21-18 di gim pertama setelah bola pengembalian Marcus ke luar lapangan.

Memasuki gim kedua, Kevin/Marcus dan Lee/Wang kembali terlibat kejar mengejar skor. Perolehan poin kedua pasangan selalu berdekatan.

Skor imbang kedua pemain terjadi hingga 9-9. Namun, Lee/Wang justru kerap melakukan eror sendiri hingga membuat The Minions merebut interval kedua dengan skor 11-9.

Selepas jeda, Lee/Wang mampu bangkit dan berbalik unggul menjadi 13-11. Beruntung, The Minions tak kehilangan fokusnya dan kembali mengejar 15-15.

The Minions, bahkan mampu menjauhkan skor menjadi 17-15. Akan tetapi, Lee/Wang kembali mengejar dan skor pun berubah 20-20.

Di poin-poin kritis, Lee/Wang sering melakuan kesalahan sendiri. Hal itu berakibat fatal karena Kevin/Marcus mampu menutup gim kedua dengan skor 23-21.

Laga pun berlanjut hingga gim ketiga untuk menentukan pemenang. 

Pada gim penentuan ini, The Minions tidak merubah strategi. Kevin bermain lebih ke belakang, sementara Marcus di depan.

Strategi tersebut terbilang tepat karena pancingan yang dibuat Kevin kerap diselasaikan dengan apik oleh Marcus. Sempat bermain ketat 6-6, The Minions melesat 8-6 dan menutup interval dengan keunggulan 11-8.

Selepas jeda, The Minions terus melesat hingga 15-11. Lee/Wang bukan tanpa perlawan. Ganda ranking tiga dunia itu sempat menipiskan skor menjadi 17-18.

Beruntung, The Minions kembali menguasai lapangan dan menutup laga dengan kemenangan 21-17.

Hasil ini mengantara The Minions lolos ke Final BWF World Tour Finals 2021 untuk menantang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Duet Jepang itu di laga sebelumnya mampu menundukkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) dengan skor 21-18, 21-15.

The Minions juga berpeluang merebut gelar keduanya di World Tour Finals setelah terakhir kali juara pada 2017 silam ketika masih bernama BWF Super Series Finals.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler