Juve Waspadai Kutukan Celtic Park

Selasa, 12 Februari 2013 – 08:06 WIB
GLASGOW—Raksasa sepakbola Italia, Juventus akan melakoni partai pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa, Rabu (13/2) dini hari Wib. Mereka akan melawat ke Celtic Park, kandang jawara liga Skotlandia, Glasgow Celtic. Di atas kertas Si Nyonya tua—julukan Juventus—memang lebih diunggulkan.  Mereka lebih berpengalaman di pentas ini di banding klub asal negeri Highlander itu.

Namun sejarah berkata lain.  Dalam dua kali pertemuan mereka di stadion tersebut Juventus belum pernah sekalipun menang. Pertemuan pertama mereka pada 16 September 1981, Juventus harus pulang dengan kekalahan dari kota ini. Celtic  menang 1-0 lewat gol tunggal MacLeod  di menit 67.

20 tahun kemudian Juventus kembali melawat ke Glasgow  dalam leg kedua fase grup Liga Champions.Lagi-lagi stadion ini membawa tuah sialbagi tim kuda zebra. Pada laga yang berlangsung 31 Oktober 2001 tersebut Juventus harus mengakui kehebatan tuan rumah dengan skor 4-3.

Pada laga itu Juventus sebenarnya unggul lebih dulu di menit ke 19 lewat Alessandro del Piero. Namun tuan rumah menyamakan kedudukan di menit ke 24 lewat gol Valgaeren. Tuan rumah akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 lewat gol Sutton di menit ke 24.

Dibabak kedua Juve mampu menyamakan keudukan 2-2 di menit ke 51 lewat bomber nya David Trezeguet.  Namun tuan rumah langsung membalas dan kembali memimpin 3-2  lewat eksekusi penalti Larsson  di menit ke  57. Sutton mencetak gol ke duanya dan membuat timnya menjauh 4-2 di menit ke 67.  Tertinggal dua gol Juventus hanya mampu membalas satu gol lagi di menit 77 lewat aksi Trezeguet.

Dalam dua pertemuan tersebut memang Juventus memang lolos ke fase berikutnya karena unggul agregat gol dalam laga di Turin. Namun yang menjadi catatan kini Celtic Park menjadi tempat yang angker bagi Juve karena mereka belum sekalipun menang di tempat ini. Maka wajar jika pelatih Juve, Antonio Conte mengaku waspada menghadapi tim ini. Terutama karena atmosfir stadium dengan 60 ribu pendukungnya.

‘’Kami akan sangat, sangat ber hati-hati disini besok malam. Saya rasa sebuah stadion dengan  60 ribu orang akan menjadi pemain ke 12,’’ ujarnya seperti dikutip dari situs resmi UEFA,  Senin (11/2).

Meski tidak begitu berprestasi di level Eropa,  di stadion  ini Celtic pernah mengalahkan langganan juara Champions, Barcelona beberapa waktu lalu. Inilah yang membuat Conte lebih waspada lagi.

‘’ Celtic adalah tim yang sangat baik. Berhasil  mengalahkan Barcelona di sini dan hampir menang  di Nou Camp adalah buktinya. Jika ada yang sudah meremehkan Celtic, itu tentu bukan kami,’’ imbuhnya.

Jadi mampukah  Arturo Vidal dan kawan-kawan mengatasi  kutukan angker Celtic Park, kita tunggu saja.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas U-19 Bidik Juara di HKFA Cup di Hongkong

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler