Kabar Terbaru Motor Listrik Yamaha E01 dari Presdir YIMM Dyonisius Beti

Kamis, 27 Juli 2023 – 10:12 WIB
Motor listrik Yamaha E01. Foto: Yamaha

jpnn.com, JAKARTA - Yamaha menjelaskan alasan mereka belum menjual motor listrik E01 di Indonesia.

Menurut President Director dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti, kendati belum juga merilis motor listrik ke pasar Indonesia, tetapi Yamaha sejatinya sudah memiliki peta jalan kendaraan listrik.

BACA JUGA: Motor Listrik Yamaha E01 Mulai Diuji Coba di Jalan, BeginI Wujudunya

Khususnya Yamaha E01, pabrikan Jepang itu mengeklaim sudah melakukan studi dan serangkaian uji coba di beberapa negara termasuk Indonesia.

"Tentu Yamaha mempertimbangkan banyak hal. Saat ini kami masih studi dan uji coba sebelum benar-benar menjualnya," jelas Dyon di sela acara penanaman 5.000 pohon mangrove di Jakarta Utara, Rabu kemarin.

BACA JUGA: Yamaha E01, Skutik Listrik Pesaing Honda PCX Siap Meluncur

Skutik berbasis baterai murni itu memang sudah dibekali sejumlah perangkat legal berkendara, tetapi saat ini masih dalam tahap Proof of Concept (PoC).

"Pengujian skutik E01 saat ini dilakukan di enam negara berbeda. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan, mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, dan jalan juga kebiasaan pengendaranya," kata dia.

BACA JUGA: Kymco Menghadirkan Skutik Terbaru, Pesaing Kuat Yamaha TMax

Dyonisius mengatakan Yamaha tidak saja sekadar menjual motor listrik saja, tetapi pihaknya juga memiliki tanggang jawab lain, mulai dari kecocokan produk sampai ke tanggung jawab lingkungan.

"Kami pengin motor listrik Yamaha benar-benar cocok untuk masyarakat Indonesia. Makanya kami uji coba E01 di berbagai medan jalan, tidak hanya yang datar tetapi juga keandalannya saat menanjak, termasuk juga ketika banjir," tambah dia.

Selain itu, kemudahan dalam mengakses pengisian daya baterai (infrastruktur), hingga dampak lingkungan dari baterai motor listrik tersebut.

"Semuanya kami pikirkan, sehingga ketika motor listrik dilepas ke pasar, masyarakat tidak perlu khawatir lagi," imbuh Dyonisius.

Yamaha Indonesia telah melakukan market test skuter listrik E01 sejak akhir tahun 2022 lalu.

Pada November, Yamaha Flagship Shop telah memulai kegiatan market test untuk Yamaha E01.

Pengujian di Indonesia pada tahap awal dilakukan di empat kota besar, meliputi Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan dengan total target peserta sebanyak 4.000 orang.

Saat ini, Indonesia sudah dibanjiri berbagai merek motor listrik non-Jepang termasuk yang lokal, di antaranya brand Gesit, Viar, Selis, Migo, Ecgo, United, Uwinfly, Charged, Alva, Volta, Niu, Polytron, MAKA, SMEV, dan yang lain. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SMEV, Motor Listrik Anak Bangsa Resmi Mengaspal, Desainnya Unik


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler