Kabau Sirah Bakal Main Habis-habisan Kejar Tiga Poin

Jumat, 29 April 2016 – 00:18 WIB
Pemain Semen Padang FC latihan. Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - PADANG – Semen Padang FC akan menjalani laga perdana Torabika Soccer Championship (TSC-A), menjamu PSM Makassar di Stadion H Agus Salim, Padang, Jumat malam pukul 22.00 (29/4). 

Klub dengan penyokong dana utama PT Semen Padang ini menargetkan poin penuh.

BACA JUGA: Publik Ternyata Senang Steven Gerrard Terpeleset

Sebagai langkah pertama untuk menggapai misi finish di papan atas TSC-A Kabau Sirah -julukan Semen Padang FC- dipastikan akan menurunkan kekuatan terbaiknya.

Didukung penuh supporter, dapat dipastikan Hengki Ardiles, dkk akan bermain habis-habisan demi mengincar tiga poin.

BACA JUGA: Tawaran untuk Gelandang Barca Sangat Fantastis

Semen Padang FC memiliki modal cukup bagus jelang laga nanti malam. Setelah tampil mengecawakan di Piala Gubernur Kaltim (PGK) beberapa waktu, manajemen tim melakukan perombakan pemain, khususnya pemain asing. 

Dua legiun asing asal Brazil; Fernando dan Taffarel dipecat karena dianggap tidak memiliki kualitas yang memadai. Sebagai gantinya, dua pemain baru yang juga asal Negeri Samba kembali didatangkan.  

BACA JUGA: Begini Kata Gattuso Indonesia Soal Laga Kontra Sriwijaya FC

Diego Messias (tengah) yang sempat membela Persiba Balikpapan di QNB League dan Marcel Sacramento didapuk sebagai duet anyar M Nur Iskandar guna memborbardir pertahanan lawan.

Kedatangan duo Brazil tersebut terbukti cukup mampu mengangkat permainan klub yang bermarkas di Indarung tersebut. Dalam empat laga uji coba yang dijalani sebagai persiapan menuju TSC-A, Semen Padang mampu menyapu bersih dengan kemenangan. Masing-masing mencukur Pasaman Selection 8-0, menang atas Gasliko 50 Kota 6-1. 

Lalu, dua pertandingan tour Jawa, menang 3-0 dari runner up PGK, Madura United, dan menang telak Persis Solo dengan skor besar 6-1.

Menghadapi PSM Makassar yang diperkuat beberapa pemain muda, seperti Rizky Pellu, Maldini Pali, dan Muchlis Hadining Saifullah, juga dua mantan Kabau Sirah, Ferdinand Alfred Sinaga dan Valentino Talaubun, Semen Padang FC akan tidak akan fokus pada satu pemain saja. Semua pemain PSM Makassar yang mendekati kotak penalti akan diwaspadai pasukan Nilmaizar.

”Setiap pemain lawan akan kami waspadai,” jelas pelatih kepala Semen Padang Nilmaizar.

Dilihat dari beberapa sesi latihan terakhir, kemungkinan Nilmaizar masih akan menggunakan formasi favoritnya, 4-4-2 dengan mengandalkan kecepatan kedua sayapnya. Irsyad Maulana yang siap menyisir dari sisi kiri dan Riko “Ucok” Simanjuntak siap meluncur cepat dari sayap kanan.

Lini serang akan dipercayakan pada duet M Nur Iskandar dan Marcel Sacramento yang selama pertandingan uji coba mampu mencetak empat gol. Sebagai motor permainan, Vendry Mofu akan bahu membahu bersama rekrutan anyar, Diego Meissas.

Secara keseluruhan, untuk pertandingan nanti malam, pemain Semen Padang FC siap tempur. Kapten tim Hengki Ardiles dipastikan siap memimpin lini belakang setelah sembuh dari cederanya. Hanya ada dua nama pemain muda, Fandry Imbiry dan Arifan Fitra Marsil yang dipastikan absen karena masih dalam proses penyembuhan.

Di sisi lain, PSM Makasar yang datang ke Padang dengan membawa modal kurang meyakinkan, setelah dari lima pertandingan hanya mampu meraih dua kemenangan, termasuk ketika harus takluk dari Persipura Jayapura 0-2, 19 April lalu. 

Demi mewujudkan misi tersebut, Head Coach PSM Makassar, Luciano Leandro memboyong 20 pemain ke Padang.

Pada sesi uji lapangan kemarin, Luci terlihat melakukan latihan antisipasi bola mati, seperti antisipasi korner dan free kick, serta langsung melakukan serangan balik cepat setelah berhasil merebut. Kecepatan mantan pemain Semen Padang, Ferdinand Sinaga akan coba dimaksimalkan untuk bisa mencuri gol di markas mantan tim yang pernah membesarkan namanya itu.

Setelah uji lapangan kemarin, kepada wartawan Luci yang posisinya sedang tidak aman di tim mengaku cukup yakin, persiapan yang dilakukan selama di Makassar sudah optimal dan mereka datang ke Padang membawa optimisme yang besar.

”Mudah-mudahan kami bisa bermain bagus, pemain bisa tetap kompak. Semoga kami juga bisa memperoleh hasil maksimal pada pertandingan nanti,” jelas Luci.

Ke- 20 amunisi yang diboyong ke Padang dalam kondisi fit dan siap untuk mencuri poin di kandang Kabau Sirah. Menurutnya, latihan antisiasi bola mati yang dilakukan adalah untuk mematangkan lagi apa yang sudah dilatih selama di Makassar.

Soal Semen Padang, Luci menyebut tuan rumah dihuni pemain-pemain bagus dan cukup kuat dalam kerjasama.

Begitu juga dengan trio Brazil yang dimilki Semen Padang. Pria yang semasa jadi pemain berkibar bersama PSM Makassar itu mengakui ketiga pemain tersebut adalah pemain yang bagus. Namun demikian dia mengingatkan kubu Semen Padang, PSM juga memiliki pemain-pemain asing yang tidak kalah bagus.

”Jangan lupa PSM juga tim yang kuat. Kami optimis untuk bisa meraih poin, satu atau tiga poin. Yang pasti kami akan berusaha maksimal untuk bisa meraih hasil positif,” ingatnya.

Permainan Semen Padang FC yang biasanya cenderung bermain cepat akan coba dimanfaatkan Luci. Karena, permainan cepat biasanya meninggalkan lobang di lini pertahanan. “Kami akan coba memaksimalkan itu,” pungkas Luci. (y/sam/jpnn)

Lima Pertandingan Terakhir Semen Padang

Persis Solo 1-6 Semen Padang FC

Madura United 0-3 Semen Padang FC

Gasliko 50 Kota 1-6 Semen Padang FC

Pasaman Selection 0-8 Semen Padang FC

PON Kaltim 1-0 Semen Padang FC

Lima Pertandingan Terakhir PSM 

PSM Makassar 0-2 Persipura Jayapura

PSM Makassar 2-0 Bali United

Bali United 2-0 PSM Makassar

Persija Jakarta 0-0 (4-1)-pen PSM Makassar

PSM Makassar 2-0 Persela Lamongan

Perkiraan Susunan Pemain

Semen Padang 4-4-2: Jandia Eka Putra (gk), Hengki Ardiles (c), Handi Ramdhan, Cassio Fransisco De Jessus, Satrio Syam, Riko Simanjuntak, Vendry Mofu, P Diego Meissas, Irsyad Maulana, M Nur Iskandar, Marcel Silva Sacramento.

Pelatih: Nilmaizar

PSM Makassar (4-3-2-1): Dimas Galih, Hendra Wijaya, Jajang Maulana, Boman Irie Aime, Valentino Talaubun; Syamsul Haeruddin, Ardan Aras, Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga, Alex da Silva, Lamine

Pelatih: Luciano Leandro

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marquez Bahagia Lorenzo Tinggalkan Yamaha


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler