Kaesang Datangi KPK, MAKI: Ini Bisa Menjadi Teladan

Rabu, 18 September 2024 – 12:18 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) di kantor KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024). Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengapresiasi kedatangan putra presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di KPK.

Dia mengungkapkan, kedatangan Kaesang akan memudahkan KPK untuk mendalami dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi.

BACA JUGA: KPK Apresiasi Klarifikasi Kaesang Pangarep soal Jet Pribadi

"Apapun saya menyampaikan apresiasi atas kedatangan Kaesang ke KPK dan ini akan memudahkan semuanya, termasuk memudahkan KPK untuk mendalami dugaan gratifikasi," kata Boyamin kepada wartawan, Rabu (18/9).

"Dan nanti KPK saya harap segera menuntaskan ini apakah bentuk ini (penggunaan jet pribadi oleh Kaesang) gratifikasi atau sebaliknya," tambahnya.

BACA JUGA: Penjelasan KPK Soal Kehadiran Kaesang bin Jokowi Setelah Ramai Isu Gratifikasi

Boyamin menilai, kedatangan Kaesang ke Gedung KPK bisa menjadi teladan bagi pejabat maupun keluarga pejabat jika menerima fasilitas apapun dari pihak lain.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kaesang yang bersedia datang dan ini bisa menjadi teladan dan contoh bagi pejabat atau keluarga pejabat yang menerima fasilitas apapun, itu melaporkan kepada KPK," ujarnya.

BACA JUGA: KPK: Kedatangan Kaesang Pangarep Inisiatif Pribadi

Boyamin berharap KPK memutuskan agar Kaesang memang menerima gratifikasi dan meminta yang bersangkutan mengembalikan sejumlah uang kepada lembaga antirasuah sejumlah biaya sewa jet pribadi.

"Saya berharap ini setidaknya ada pernyataan gratifikasi yang levelnya mengembalikan atau menyerahkan sejumlah uang sesuai fasilitas yang didapat," tutupnya. (dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kaesang Pangarep   Kaesang   MAKI   PSI   KPK   Gratifikasi  

Terpopuler