Kaesang Siap Tanding Lawan Ridwan Kamil, Waketum Golkar Singgung Kedaulatan Partai

Rabu, 07 Agustus 2024 – 21:48 WIB
Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia. Foto: Golkar.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia menghormati sikap partai lain apabila punya kandidat berbeda dengan parpol berkelir kuning itu dalam mengusung kandidat pada Pilkada Jakarta 2024.

Dia berkata demikian demi menanggapi pertanyaan awak media soal kemungkinan Ketum PSI Kaesang Pangarep bakal maju sebagai Cagub Jakarta 2024.

BACA JUGA: Kaesang Beristikharah, Siap Melawan Anies Baswedan atau Ridwan Kamil

Awak media bertanya demikian setelah Kaesang dalam kesempatan yang berbeda mengaku siap melawan Anies dan Ridwan Kamil pada kontestasi politik provinsi berikon Monas itu.

"Ya, itu, kan, kewenangan dan kedaulatan masing-masing partai politik, ya," kata Doli menjawab awak media di Jakarta, Rabu (7/8).

BACA JUGA: Kaesang Harap PSI-PKB Bisa Kolaborasi di Pilkada Jakarta dan Jateng

Pimpinan Komisi II DPR RI itu mengatakan Golkar tidak akan campur tangan urusan partai lain menyambut Pilkada Jakarta 2024.

"Kami, kan, enggak bisa mengintervensi kalau ada partai politik yang mengusung calon tertentu, apalagi itu kadernya begitu," kata Doli.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Dia mengatakan Golkar saat ini fokus untuk menguatkan barisan agar RK bisa berkontestasi pada Pilkada Jakarta 2024.

"Sekarang kami sedang fokus, Golkar sudah mendorong mengusulkan nama Pak Ridwan Kamil," ujarnya.

Kaesang sebelumnya menyebut siap melawan Anies dan RK pada Pilkada Jakarta 2024 apabila dipercaya masyarakat berkontestasi.

Dia berkata demikian setelah menyaksikan film Sekawan Limo, sekaligus memberikan rekomendasi kepada calon kepala daerah di Cinepolis Senayan Park, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

"Kalau saya pribadi diminta oleh masyarakat untuk maju ke Pilkada melawan Pak Anies saya berani, melawan RK juga saya berani," ujar Kaesang kepada wartawan di Cinepolis Senayan Park, Jakarta Pusat, Senin (5/8).

Nama RK sebelumnya telah disepakati Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

"Insyaallah di Kim Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Diketahui, KIM adalah poros politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, hingga PBB untuk mengusung paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 RI.

Namun, Dasco tidak bisa memerinci nama partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan menyusul mendukung RK untuk membentuk KIM Plus.

Wakil Ketua DPR RI itu hanya menyebut ada lebih dari satu partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan mendukung RK pada Pilkada Jakarta tahun ini.

"Plusnya lebih dari satu. Ya, nanti sehari atau dua hari, kan, ketauan, kan, asal sinkronisasinya," lanjut Dasco. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Siapkan 40 Ribu Kuota CPNS, 5% Ditempatkan di IKN


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler