Kaesang Wali Kota Solo, Bobby Gubernur Sumut, Gibran Pilih Jateng atau DKI, Terserah

Jumat, 27 Januari 2023 – 08:05 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Foto: Romensy Augustino/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kaesang Wali Kota Solo, Bobby Sumut, Gibran Tinggal Pilih Jateng atau DKI, Terserah.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, punya hasrat untuk terjun ke dunia politik.

BACA JUGA: Bobby Nasution Maju di Pilkada Sumut atau DKI? Prabowo Menyebut Beberapa Nama Jenderal Hebat

Kaesang menyampaikan keinginannya itu di hadapan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mempersilakan Kaesang Pangarep untuk bergabung.

BACA JUGA: PPP Siap Dukung Kaesang bin Jokowi di Pilwakot Solo

"Kalau kaum muda gabung ke PDI Perjuangan, sangat terbuka saya, termasuk Mas Kaesang kalau mau masuk PDI Perjuangan, silakan, kami terima," kata Hadi Rudyatmo di Surakarta, Kamis (26/1).

Rudy mengatakan pihaknya selalu menyampaikan kepada kader maupun kaum muda yang belum mengerti politik agar lebih paham dalam berpolitik.

BACA JUGA: Prabowo Siap Mendukung Gibran Maju Pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah

"Jadi, kita orang hidup ini berpolitik. Politik adalah seni mengelola aspirasi. Jadi, biar tahu bahwa apa to isinya partai politik itu. Kalau nggak masuk, ya nggak ngerti. Makanya, kalau Mas Kaesang tertarik, ya saya sangat senang, (masih) muda sudah terjun ke politik," kata mantan wali Kota Surakarta itu.

Disinggung soal potensi Kaesang untuk terjun di eksekutif maupun legislatif, Rudy mengatakan semua anggota partai politik memiliki hak yang sama.

"Silakan, semua punya hak. Mau masuk eksekutif atau legislatif, itu hak semua anggota partai. Enggak ada yang bisa menghalangi semua orang. Apalagi Mas Kaesang putra presiden, jejak politik jelas karena itu mengalir juga. Segera saja daftar ke DPC untuk mendapatkan KTA (kartu tanda anggota)," kata Rudy.

Namun, untuk mencalonkan diri sebagai eksekutif maupun legislatif, Rudy menjelaskan proses itu harus melalui mekanisme yang diatur oleh peraturan partai.

"Prosesnya, kalau di partai itu ada penjaringan di tingkat anak ranting, ranting, PAC, DPC; baru disetor ke DPP dan DPD. Kemarin kan sudah kami lakukan juga, tapi semua tetap ketua umum yang punya hak prerogatif. Saya sebagai kader partai yang militan, apa pun yang diputuskan oleh ketua umum, hukumnya wajib dilaksanakan dan dimenangkan," jelasnya.

Sebelumnya, Kamis (24/1), pengamat politik Jamiluddin Ritonga menilai wajar Kaesang Pangarep memiliki ketertarikan untuk bergelut di dunia politik.

Sebab, kata dia, lingkungan keluarga Kaesang berkecimpung di dunia politik seperti sang ayah, lalu Gibran Rakabuming Raka, dan kakak iparnya, Bobby Nasution.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul itu mengatakan Kaesang punya modal besar untuk terjun ke politik.

Jamiluddin yakin Jokowi, Gibran, dan Bobby tidak diam dan bakal menyokong keinginan Kaesang terjun ke politik.

"Sokongan sang ayah, kakak, dan kakak ipar akan memudahkan Kaesang berkarier di dunia politik," katanya.

Jamiluddin menyebut Kaesang bisa memulai terjun ke politik dengan mengikuti jejak sang ayah dan kakak menjadi wali kota Solo.

Dia menilai, berkiprah di Solo bagi Kaesang akan lebih mudah. Sebab, kota itu menjadi basis sang ayah dan kakak.

"Ia bisa menggantikan sang kakak, Gibran sebagai wali kota," katanya.

Gibran di Pilkada Jateng atau DKI Jakarta

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka terang-terangan pengin maju di pemilihan gubernur Jawa Tengah (Jateng) atau Sumatera Utara (Sumut).

Dia mengatakan, masalah pemilihan gubernur menjadi salah satu tema pembicaraannya saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di Loji Gandrung, Solo, pada Selasa (24/1).

"Ada dong (pembahasan), sudah secara empat mata. Kalau nggak bahas itu rugi no," kata Gibran di Solo, Rabu (25/1).

Gibran Pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu juga mengaku memperoleh saran dari Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"(Sarannya) maju. Wis dijelaske wingi to (sudah dijelaskan kemarin kan), maju," ucap Gibran.

Mengenai provinsi yang akan dituju untuk Pilkada 2024, Gibran tidak menampik bahwa ada dua pilihan, yakni DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

"Ya wis kui (ya itu tadi), nggak ada yang berat kalau kami bergotong-royong dan bergandengan tangan," kata Gibran optimistis.

Sehari sebelumnya, seusai makan malam dengan Gibran di Rumah Dinas Loji Gandrung, Prabowo menyatakan mendukung langkah Gibran untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Beliau (Gibran) pas kok. Saya dukung, saya kira dari dulu saya dukung ya.”

“Saya katakan dua-duanya (DKI Jakarta dan Jawa Tengah), dua-duanya pasti beliau berhasil," kata Prabowo.

Bobby Nasution Maju Pilkada Sumut?

Adapun Wali Kota Medan Bobby Nasution juga sudah santer dikabarkan bakal maju di Pilkada Sumut. Bahkan, berkembang pula kabar Bobby juga berpeluang maju di Pilkada DKI Jakarta.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan mendukung jika menantu Jokowi itu ingin naik ke kursi gubernur.

Menteri Pertahanan itu juga menanggapi ketika diberikan pertanyaan apakah Bobby Nasution layak maju bertarung di Pilkada Sumut atau Pilkada DKI Jakarta.

Prabowo mengatakan, keputusan di tangan Bobby Nasution sendiri.

"Saya kira beliau yang harus putuskan ya, karena beliau mengabdi. Kebetulan saya bisa dikatakan, tentunya di tentara kita juga banyak tokoh-tokoh dari Sumatera Utara," kata Prabowo di rumah dinas Wali Kota Medan, Sumut, Kamis (26/1) malam. (antara/sam/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler