KAI Logistik Kini Melayani Angkutan Kalsium Karbonat

Rabu, 09 Maret 2022 – 23:02 WIB
Kereta Api Jarak Jauh. Ilustrasi. Foto: Dok KAI

jpnn.com, JAKARTA - KAI Logistik, salah satu anak usaha KAI, memperkuat portofolio lini binis, yakni angkutan multi komoditi.

Melalui layanan tersebut, kini KAI Logistik melayani angkutan kalsium karbonat berbasis kereta api (KA) relasi Babat – Jakarta Gudang.

BACA JUGA: Diserbu Haters, Wanda Hamidah: Berharap Saya Kena Mental, Kali ini Kalian Salah Orang

Plt. Direktur Utama KAI Logistik Ahmad Malik Syah mengungkapkan pihaknya menyambut baik, kepercayaan pelaku usaha yang memilih KA sebagai moda distribusinya.

"Ini juga membuktikan bahwa, selain keunggulan yang dimiliki oleh Kereta Api, pelaku usaha juga memiliki perhatian dan komitmen untuk mempromosikan moda logistik yang ramah lingkungan," tutur Ahmad Malik.

BACA JUGA: Wujudkan Kedaulatan Digital Indonesia, Telkom Hadirkan Leap

Selain memperkuat layanan multi komoditi dengan melayani komoditas baru, langkah ini juga menjadi strategi perseroan dalam pemanfaatan KA balikan (KA balen) komoditas lainnya.

Hal ini bisa memaksimalkan sarana dan mendorong kinerja baik volume maupun pendapatan.

BACA JUGA: 11 KA Jarak Jauh Layani Naik Turun Penumpang dari Stasiun Cikarang, Cek Jadwalnya di Sini

“Walaupun secara volume angkutan tidak terlalu besar, namun kami melihat angkutan kalsium karbonat ini meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan dengan pemaksimalan potensi pasar melalui modifikasi pola pengangkutan," terang dia.

Pria yang karib disapa Malik ini mengatakan dalam pola operasi angkutannya, pihaknya menerapkan pengangkutan 2 tier, sehingga memerlukan prosedur dan mekanisme yang sangat ketat untuk memastikan kemanan dan keselamatan selama pengiriman.

Sebagai informasi, angkutan Kalsium Karbonat telah dilayani sejak 26 Februari 2022, dan telah melakukan dua kali tahapan uji coba pada 2021.

Tujuannya untuk memastikan keamanan dan keselamatan barang, baik saat proses pemuatan, perjalanan hingga pembongkaran.

Pada pola operasinya, KAI logistik mengkombinasikan gerbong datar, palet, serta lashing dan terpal berspesifikasi, khusus dan dimuat dalam dua tier untuk memaksimalkan kapasitas angkut.

Angkutan kalsium karbonat setidaknya akan menyumbang volume angkutan 1.200 ton per bulan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler