Kandang Bukan Jaminan Menang

Kamis, 08 Maret 2012 – 13:15 WIB
MANCHESTER - Sekali menang, dua kali seri, dan sekali kalah. Itu adalah statistik home Manchester United di Eropa sepanjang musim ini. Satu-satunya kekalahan bahkan dialami di laga kandang terakhir atau saat keok 1-2 dari Ajax Amsterdam di leg kedua 32 besar Europa League.

Kekalahan itu pun yang membuat United tidak bisa tenang-tenang saja saat menjamu Athletic Bilbao di Old Trafford dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 03.05 WIB). Dengan skuad dan konsistensi permainan yang lebih baik dibandingkan Ajax musim ini, Bilbao akan mengakhiri catatan tidak pernah menang di ranah Inggris di lawatan kedelapannya.

"Bagi sebagian pemain di klub kami, berlaga di Manchester United mungkin masih terasa sebuah mimpi," kata bek kiri Bilbao Jon Autenetxe kepada AFP.

"Kami mungkin terlena, tapi tidak akan menghalangi kami untuk menampilkan kemampuan terbaik yang kami miliki. Kami siap memberikan ketakutan kepada tuan rumah," koarnya.

Bilbao memang kehilangan bek tengah andalannya, Fernando Amorebieta, karena menjalani skors. Tapi, Bilbao masih memiliki striker utama timnas Spanyol saat ini, Fernando Llorente. Iker Muniain, winger 19 tahun, juga dalam motivasi tinggi setelah mencatat debut bersama La Furia Roja - sebutan timnas Spanyol - kontra Venezuela midweek lalu (29/2).

Di kubu tuan rumah, pelatih United Sir Alex Ferguson tidak mendapat tambahan cedera pemain seusai mengalahkan Tottenham Hotspur 3-1 di liga domestik (4/3). Justru Ferguson akan mendapat suntikan tiga tenaga baru sekaligus tiga amunisi muda mereka, Anderson, Tom Cleverley, dan Chris Smalling.

"Bisa memiliki semua pemain dalam skuad tentu lebih baik karena kami akan menjalani empat pertandingan hanya dalam rentang sebelas hari ke depan," kata gelandang bertahan United Michael Carrick kepada Soccernet.

"Saya juga tidak tahu kenapa catatan penampilan kami di Old Trafford musim ini tidak begitu mengesankan, khususnya dibandingkan musim lalu. Tapi, karena itulah, kami tetap waspada," imbuhnya.

Carrick pun mewaspadai Bilbao yang memang bukan lawan familier klubnya di ajang Eropa. Dalam sejarah, kedua tim hanya pernah sekali bertemu, yakni di perempat final European Cup (nama lama Liga Champions) 1957. Hasilnya, kedua tim saling mengalahkan. United menang 3-0 di Old Trafford, tapi Bilbao membalas 5-3 di kandangnya.

Jika gagal meraih hasil maksimal di Old Trafford, United terancam kesulitan saat away ke San Mames sepekan berikutnya (15/3). Sebab, anomali dengan United, Bilbao tidak terkalahkan di kandangnya sendiri dari empat kali home di Europa League musim ini. Yakni, tiga menang dan sekali seri. (dns)

Perkiraan Pemain

Man United (4-4-2): 1-De Gea (g); 12-Smalling, 5-Ferdinand, 6-Evans, 3-Evra?; 17-Nani, 16-Carrick, 8-Anderson, 13-Park; 10-Rooney, 14-Chicharito
Pelatih : Sir Alex Ferguson

Athletic Bilbao (4-2-3-1) : 1-Iraizoz (g); 15-Iraola?, 24-Javi Martinez, 6-San Jose, 3-Aurtenetxe; 21-Herrera, 8-Iturraspe; 14-Susaeta, 10-De Marcos, 19-Muniain; 9-Llorente
Pelatih : Marcelo Bielsa
BACA ARTIKEL LAINNYA... The Professor Terancam Skors

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler