Kang Emil Bakal Duplikasi Usaha Ternak Ayam Petelur Ciamis

Selasa, 03 April 2018 – 21:02 WIB
Ridwan Kamil saat bersilaturahmi dengan Paguyupan Peternak Ayam Petelur Kabupaten Ciamis (P2APC) di Desa Cigembot, Muktisari, Ciamis. Foto Istimewa for jpnn

jpnn.com, CIAMIS - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tertarik menduplikasi usaha peternakan ayam petelur di Kabupaten Ciamis ke daerah-daerah lain di Jawa Barat.

Rencana ini disampaikan Ridwan Kamil saat bersilaturahmi dengan Paguyupan Peternak Ayam Petelur Kabupaten Ciamis (P2APC) di Desa Cigembot, Muktisari, Ciamis.

BACA JUGA: Blusukan, Ridwan Kamil Minta Doa Kepada Ulama Tasikmalaya

Menurut Kang Emil-sapaannya, beberapa daerah yang memiliki cuaca seperti Ciamis bisa memanfaatkan lahan tidur yang dimiliki untuk membangun usaha ayam petelur.

"Jika saya terpilih sebagai gubernur, bantu saya untuk menduplikasikan usaha yang dikelola oleh P2APC ini di daerah lain," ujar Ridwan.

BACA JUGA: Yakini Program Hasanah Bakal Sangat Mengena bagi Pesantren

Adapun alasan Kang Emil menduplikasi usaha ayam petelur didasarkan pada potensi pengembangan pasarnya yang masih terbentang luas, namun masih belum terpenuhi oleh pasokan dari Ciamis,

"Harapannya, nanti berawal dari Ciamis, Jabar akan menjadi pemasok utama telur di tingkat nasional," tegasnya.

BACA JUGA: Kang Hasan Masuk ke Sawah, Urusan Nandur Masih Lincah

Terkait dukungan perbankan untuk meningkatkan skala usaha para peternak ayam petelur, yang masih minim, dia berjanji akan membantu memfasilitasi agar perbankan dapat mengubah kategori resiko kredit untuk usaha dari beresiko tinggi menjadi zona biru.

Selain itu, usaha peternakan ayam petelur juga dapat menjadi model program Satu Desa Satu Usaha yang menjadi program unggulan pasangan RINDU.

Warga desa juga tidak perlu khawatir dalam permodalan karena pasangan RINDU sudah menyiapkan program Kredit Mesra yang terbukti sudah berhasil di Kota Bandung.

"Untuk kredit mesra ini, ibu-ibu cukup datang ke mesjid, nanti masjid akan bekerjsama dengan BPR-BPR yang telah ditunjuk untuk menyalurkan kredit" jelas Kang Emil.

Selain itu, agar program yang digagas pasangan RINDU dapat berjalan, Ridwan Kamil akan turun langsung ke lapangan, memastikan setuliap program direalisasikan dengan baik, dan setiap keluhan warga, tak hanya sitampung, rapi juga ditindaklanjuti.

Jika terpilih sebagai gubernur, Ridwan Kamil juga berjanji untuk datang kembali ke Ciamis, dan membantu pengembangan infrastruktur, dan mendorong agar para peternak telur di Ciamis membangun desa-desa lainnya di Jawa Barat.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ridwan Kamil Kunjungi Gabungan Kelompok Tani Simpatik


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler