Kang Sobary, Cak Lontong, hingga Happy Salma Puji Komitmen PDIP di Bidang Budaya

Senin, 29 Maret 2021 – 09:30 WIB
Cak Lontong saat peresmian Rumah Budaya PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (28/3). keterangan foto: Humas PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Para seniman dan budayawan menyambut positif peresmian Rumah Budaya di kantor pusat PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (28/3).

Budayawan Mohamad Sobary atau biasa disapa Kang Sobary mengatakan Rumah Budaya ialah saat politik dan seni dipadukan menjadi satu.

BACA JUGA: Megawati, Risma, hingga Seniman Bakal Resmikan Rumah Budaya PDIP

Hal seperti itu merupakan 'barang' langka di perpolitikan tanah air.

"Baru kali ini kami dengar ada satu kekuatan politik yang merasa perlu memberi tempat pada kesenian. PDIP melalui badan kesenian nasional (BKN) memberi panggung kepada kelompok kesenian yang begitu banyak," kata Sobary saat peresmian Rumah Budaya, Minggu (28/3).

BACA JUGA: Ada yang Sebut Covid-19 Hanya Konspirasi, Cak Lontong: Kasihan Keterbatasan Pola Pikir

Pujian senada juga disampaikan seniman Cak Lontong. Menurut presenter Waktu Indonesia Bercanda itu, peresmian Rumah Budaya bentuk nyata PDIP terhadap pelestarian budaya.

Selain itu, kata dia, peresmian tersebut penegasan pentingnya peran budaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini. 

BACA JUGA: Happy Salma: Setelah Engkau Pergi, Baru Terasa Penyesalan

"Saya melihat betul sejak awal PDIP ini concern dan berkomitmen terhadap pengembangan seni dan budaya," ujar Cak Lontong. 

Menurut dia, PDIP selama ini sudah dikenal memperjuangkan kebudayaan Indonesia.

Acara besar dan sederhana partai berwarna kebesaran merah itu, selalu memasukkan nuansa seni dan budaya. 

"Saya lihat ini sesuatu yang konsisten dilakukan PDI Perjuangan. Mengutip pernyataan Ibu Megawati Soekarnoputri yang sangat luar biasa bahwa merawat dan melestarikan kebudayaan adalah merawat dan melestarikan peradaban, serta menjaga Indonesia untuk diwariskan kepada generasi penerus," beber Cak Lontong. 

Dia berharap Rumah Budaya bisa mengembangkan seni budaya Indonesia yang menyatukan seluruh elemen bangsa.

"Mungkin selama ini kita terkotak-kotak karena hal lain, maka budayalah dan PDIP kami yakini bisa mempersatukannya. Mari lestarikan budaya kita, mari jaga Indonesia," ujar pria bernama asli Lies Hartono itu.

Artis Happy Salma pun memuji partai seperti PDIP tak melulu bicara soal politik. Namun, memiliki hati terhadap kebudayaan dan kesenian yang ada di tanah air. 

"Ini makin menjadi tanda bahwa yang namanya berkebudayaan dan berkesenian adalah hal mendasar yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu," ujar Happy Salma. 

Wanita kelahiran Sukabumi itu berharap spirit mempertahankan kebudayaan lokal tidak punah.

"Sebab, yang namanya kebudayaan dan kesenian adalah bagian dari kepribadian bangsa," pungkas Happy Salma. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usai Divaksin Covid-19, Vladimir Putin Merasakan Sesuatu di Badannya


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler