Kanker Tiroid Mudah Disembuhkan, Ahli Bedah Beri Penjelasan

Selasa, 23 Juli 2024 – 18:57 WIB
dr. Alif R. Soeratman, SpB.Subsp.Onk.(K)., ahli bedah Onkologi di Siloam Hospitals Lippo Village. Foto source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kanker Tiroid berkembang di kelenjar tiroid, secara umum terletak di bagian depan leher.

Kelenjar itu berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh melalui produksi hormon tiroid. 

BACA JUGA: Thalita Latief Ungkap Penyebab Dirinya Mengidap Kanker Tiroid, Ternyata...

Kanker tiroid juga tergolong langka dibandingkan jenis lainnya, sehingga memerlukan perhatian khusus karena dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya secara signifikan.

"Kami secara rutin mengadakan seminar dan workshop mengenai kanker tiroid untuk memberikan informasi yang akurat dan mudah dipahami mengenai gejala, faktor risiko, serta pentingnya deteksi dini sebagai langkah pencegahan," kata dr. Alif R. Soeratman, SpB.Subsp.Onk.(K)., ahli bedah Onkologi di Siloam Hospitals Lippo Village, Selasa (23/7).

BACA JUGA: Probosutedjo Sakit Kanker Tiroid Selama 20 Tahun

Kegiatan tersebut sekaligus komitmen dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kanker tiroid.

Apalagi, gejala kanker tiroid seringkali tidak terasa pada tahap awal.

BACA JUGA: Idap Kanker Tiroid, Rachel Amanda Pantang Makan Seafood

Namun, seiring dengan perkembangan penyakit, gejala seperti benjolan di leher, kesulitan menelan, suara serak, dan pembengkakan kelenjar getah bening dapat muncul.

"Bila ditemukan secara dini, benjolan ataupun kanker tiroid mudah disembuhkan,” ungkapnya.

Alif menjelaskan faktor risiko kanker tiroid meliputi riwayat paparan radiasi, riwayat keluarga dengan kanker tiroid, serta kondisi kesehatan tertentu seperti gondok.

Berdasarkan data terbaru, kejadian kanker tiroid di Indonesia mencapai sekitar 1,5 persen dari seluruh kasus kanker dengan prevalensi lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria. 

"Siloam menyediakan layanan pemeriksaan dan diagnostik yang lengkap, mulai dari ultrasonografi, biopsi, hingga tes darah untuk mendeteksi kadar hormon tiroid," ucapnya.

Siloam Hospitals Lippo Village menawarkan berbagai pilihan pengobatan untuk kanker tiroid, termasuk operasi, terapi radiasi, dan terapi hormon.

Tim medis yang berpengalaman dan fasilitas yang canggih memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan perawatan terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Berdasarkan statistik, tingkat kesembuhan pasien kanker tiroid yang mendapatkan pengobatan dini di Siloam Hospitals mencapai lebih dari 90 persen. 

"Selain itu, dukungan psikososial juga diberikan untuk membantu pasien dan keluarga menghadapi tantangan emosional selama proses pengobatan," pungkasnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lepas dari Kanker Tiroid, Rachel Amanda Rutin Minum Obat


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler