Kapal Feri Tenggelam, 31 Tewas

Rabu, 14 Maret 2012 – 11:40 WIB

DHAKA - Musibah kecelakaan kapal penyeberangan sungai (feri) di wilayah Bangladesh merenggut sedikitnya 31 jiwa, Selasa (13/3) waktu setempat. Korban jiwa diperkirakan terus bertambah. Pasalnya, bersamaan dengan tenggelamnya feri tersebut, lebih dari 100 penumpang juga dinyatakan hilang.

Sebelum tenggelam, kapal MV Shariatpur-1 yang sedang melintas di Sungai Meghna, 40 kilometer sebelah tenggara Dhaka, ibu kota Bangladesh, itu  ditabrak kapal lain yang membawa kargo. Saat insiden terjadi, feri itu ditumpangi sekitar 200 orang.

Kepala polisi setempat Mohammad Shahabuddin Khan menyatakan bahwa sekitar 35 orang berhasil diselamatkan. Sementara itu, tim penyelamat menemukan 31 jenazah dari feri yang tenggelam. Di antara para korban tewas, terdapat seorang ibu muda yang sedang memeluk bayinya.

"Jumlah korban tewas sepertinya bisa bertambah karena dikhawatirkan banyak penumpang terjebak dalam kapal," ungkap Khan. "Kita akan mendapat gambaran yang lebih baik tentang para korban ketika kapal tersebut dievakuasi dari dalam air," lanjutnya.

Ratusan orang, termasuk keluarga para korban, agak putus asa saat berupaya mengetahui nasib kerabat mereka.  Mereka pun berkerumun di pinggir Sungai Meghna selama operasi penyelamatan dan evakuasi jenazah berlangsung.

Mahbubul Alam, kepala otoritas transportasi air lokal, memerkirakan bahwa feri yang dibuat pada 1991 tersebut tenggelam dengan cepat setelah tabrakan. "Kami telah berbicara dengan para penumpang yang selamat. Mereka menceritakan bahwa kapal tenggelam setelah menabrak kapal lain dengan suara sangat keras. Sebagian penumpang tak sempat berenang untuk menyelamatkan diri," tuturnya.

Sata insiden terjadi, MV Shariatpur-1 berlayar menuju Dhaka dari Distrik Shariatpur, barat daya Bangladesh. Lokasi terjadinya kecelakaan berada di Distrik Munshiganj, sekitar 32 kilometer dari Dhaka. (AP/cak/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tentara AS Pembantai Warga Afghanistan Lebih dari Satu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler