Kapal Inspirasi Film James Bond Dijual Rp 896 Juta

Selasa, 01 Mei 2012 – 07:10 WIB

WASHINGTON - Para kolektor dan penggemar kapal militer bisa bersaing untuk memperebutkan sebuah kapal siluman (stealth ship). Kapal milik Angkatan Laut AS (AL AS atau US Navy) yang menginspirasi film James Bond itu ditawarkan kepada para peminat.
 
Harganya jauh lebih murah dibandingkan ketika dibuat. Kapal Sea Shadow itu hanya ditawarkan seharga GBP 60 ribu (sekitar Rp 896 juta). Padahal, kapal eksperimen yang dirancang secara rahasia untuk kepentingan AL AS pada 1980-an menghabiskan dana USD 190 juta (sekitar Rp 1,75 triliun dengan kurs Rp 9,189 per dolar). Namun, berbagai fungsi militer pada kapal itu telah dicopot atau dilucuti.
 
Saat ini Sea Shadow, yang menginspirasi kapal siluman musuh dalam film James Bond berjudul Tomorrow Never Dies, yang dirilis pada 1997 tersebut, bisa dimiliki siapapun setelah dijual melalui situs jual-beli online seperti eBay dan GSA Auctions (situs lelang produk militer). Tetapi, jangan berpikiran untuk memakainya dalam misi rahasia. Sebab, kapal seberat 563 ton itu dijual sebagai barang rongsokan.
 
Penawaran tertinggi dari para calon pembeli Minggu lalu (30/4) sudah mencapai USD 100.420 atau GBP 61 ribu (sekitar Rp 909 juta). Itu berarti di atas harga patokan awal. Rencananya, proses lelang akan ditutup Jumat nanti (4/5). Para peminat harus menyetor deposit GBP 6 ribu (sekitar Rp 89,4 juta).
 
Kapal tersebut selesai dibuat oleh Lockheed, perusahaan teknologi AS, pada 1984 dan diserahkan kepada AL AS selaku pemesannya proses 1985. Namun, publik baru tahu keberadaan kapal itu untuk kali pertama pada 1993.
 
Mampu berlayar dengan kecepatan maksimal 14 knot, Sea Shadow memang sengaja dikembangkan untuk AL AS oleh sebuah divisi di bawah Departemen Pertahanan AS dan Lockheed Martin. Proyek itu dirancang Badan Proyek Riset Lanjutan Pertahanan (DARPA)
 
Namun, AL AS tak pernah memfungsikan secara khusus kapal itu dan belakangan malah menggunakannya untuk tugas-tugas yang tidak semestinya. Misalnya, mengevaluasi teknologi baru dalam lingkungan laut yang sesungguhnya. Selanjutnya, kapal itu dibiarkan tergeletak di sebuah dok (galangan kapal) di California. Kapal tersebut pensiun pada September 2006.
 
Pihak berwenang berharap kapal itu bisa ditempatkan dalam sebuah museum. Namun, belakangan malah muncul di situs GSA Auctions di bagian produk militer.
 
Sea Shadow dilengkapi desain Swath Water Plane Area Twin Hull (SWATH). Sisi-sisi kapal memanjang di bawah permukaan air. Selain itu, lambungnya berbentuk torpedo yang memberikannya kemampuan untuk tetap stabil saat cuaca buruk. (dailymail/cak/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jutawan Australia Bangun Titanic Versi Terkini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler