Kapolri Jenderal Listyo Sampaikan Perintah Ini untuk Irjen Iqbal

Jumat, 25 Februari 2022 – 20:30 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal meninjau pelaksanaan akselerasi vaksinasi di Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (25/2). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal membantu Forkompinda meningkatkan percepatan vaksinasi Covid-19. 

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo didampingi Irjen Iqbal saat meninjau pelaksanaan akselerasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (25/2). 

BACA JUGA: Menerima Perintah dari Kapolri, Irjen Iqbal: Kami Kebut

Jenderal Listyo dalam kesempatan itu juga meninjau secara virtual pelaksanaan vaksinasi di 6.274 titik yang tersebar di 34 provinsi. Dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga Riau yang antusias mengikuti vaksinasi Covid-19. 

"Tadi disampaikan di lokasi ini ada 2.500 yang akan divaksin dan targetnya hari ini total di Riau 65 ribu. Saya lihat minggu sebelumnya angkanya bisa di atas target. Harapan kami tentunya bagaimana terus ditingkatkan," kata dia.

BACA JUGA: Didampingi Irjen Iqbal, Kapolri Jenderal Sigit: Tidak Usah Takut dan Panik...

Kapolri Jenderal Listyo meminta Irjen Iqbal menjaga soliditas dan sinergi dengan seluruh pihak terkait dalam rangka pengendalian pandemi Covid-19. 

Dia mengatakan bahwa prioritas utama ialah menekan laju pertumbuhan Covid-19 khususnya varian Omicron. 

BACA JUGA: Kapolri Beri Instruksi, Jajaran Langsung Bergerak Bantu Korban Gempa Pasaman

"Ini menjadi tugas kita bersama yang kami harapkan,” tegas Jenderal Listyo. 

Dia menuturkan bahwa Indonesia pernah menghadapi varian Delta, dan berhasil menahan laju penularannya.

Nah, Jenderal Listyo pun optimistis yang sama dalam menghadapi varian Omicron ini.

“Kami punya optimisme menghadapi varian omicron dengan kekompakan, soliditas, sinergitas seluruh stakeholders, dan masyarakat untuk melaksanakan aturan yang dibuat pemerintah," ujar dia. 

Mantan Kabareskrim Polri itu meyakini angka Covid-19 yang melandai akan meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

Sigit mengingatkan Indonesia ke depan akan menjadi tuan rumah dalam beberapa perhelatan internasional maupun nasional. 

"Event besar kita hadapi di beberapa tempat. Kami harapkan tetap bisa dilaksanakan walaupun ada varian Omicron," ucap jenderal bintang empat, itu.

Mantan Kadiv Propam Polri itu menyampaikan secara umum kasus positif Covid-19 di wilayah Riau di angka 13 sampai dengan 14 persen. Artinya,  masih di bawah angka nasional sebesar 18 persen. 

"Kesempatan ini harus dilakukan langkah-langkah untuk menjaga positivity rate-nya betul-betul terjaga," tuturnya. 

Adapun langkah-langkah untuk menjaga positivity rate adalah dengan akselerasi vaksinasi baik dosis pertama, kedua, maupun booster. 

Kemudian, mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker dan mengurangi interaksi apabila tak diperlukan kecuali memang kegiatannya harus dilakukan. 

Mantan Kapolda Banten ini juga menuturkan bagaimana melakukan disiplin isolasi mandiri (isoman) dan mendorong masyarakat, khususnya yang memiliki komorbid ke tempat isoter. 

"Rumah sakit rujukan untuk gejala sedang dan berat betul-betul harus dicek fasilitasnya sehingga pada saat masyarakat masuk khususnya yang komorbid dan lansia bisa dirawat dengan baik. Hal itu dilakukan untuk menjaga angka fatalitas agar tak meningkat," papar Jenderal Listyo. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Boy
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler