KASAD Gelar Lomba Kampung Pancasila, Kepala BPIP Sampaikan Penghargaan Setinggi-tingginya

Sabtu, 09 Desember 2023 – 19:07 WIB
Para penerima penghargaan KASAD Award dalam lomba Kampung Pancasila pada acara yang berlangsung Jumat (8/12). Acara ini turut dihadiri Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP Rima Agristina. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi didampingi Wakil Kepala BPIP Rima Agristina menghadiri acara penganugerahan KASAD Award pada Jumat (8/12).

Kegiatan tersebit bertajuk Penghargaan KASAD pada Lomba Kampung Pancasila dan Dialog Kebangsaan 2023.

BACA JUGA: BPIP Ajak Masyarakat Kabupaten Asmat Sukseskan Pemilu 2024 Sesuai Nilai-nilai Pancasila

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak beserta jajaran yang telah menyelenggarakan lomba Kampung Pancasila di tahun ini.

Kegiatan tersebut sejalan dengan peran BPIP sebagai badan yang bertugas melakukan pembinaan dan pembumian ideologi Pancasila kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

BACA JUGA: Kepala BPIP Ajak Generasi Muda Tapanuli Kuasi Pancasila Demi Indonesia Emas 2024

"Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat beserta seluruh jajaran yang telah menyelenggarakan Lomba Kampung Pancasila di tahun 2023 ini," ucap Prof Yudian Wahyudi dalam keterangannya, Sabtu (9/12).

KASAD Award yang diselenggarakan di Markas Besar TNI AD merupakan bentuk apresiasi setelah diselenggarakannya lomba Kampung Pancasila.

BACA JUGA: Hadiri KASAD Awards 2023, Kepala BPIP: Saya Dorong Institusi Terus Sebarkan Pesan Positif

Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya bergotong-royong dalam merawat dan menjaga Pancasila sebagai ideologi negara.

"Ideologi negara dan bangsa akan senantiasa kuat kalau kampung-kampung dan kota kita kuat dalam memegang teguh nilai-nilai Pancasila sehingga menjadi contoh dan teladan bagi kampung-kampung lain dalam menerapkan nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tegas Kepala BPIP.

KASAD Jenderal Maruli Simanjuntak mengatakan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sejatinya merupakan investasi luar biasa dari para pendiri bangsa sebagai pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita harus terus merawat, dan terus meningkatkannya," tegas KASAD Jenderal Maruli.

Terkait hal itu, evaluasi dilaksanakan terhadap 30 markas Kodim di wilayah yang memiliki Kampung Pancasila.

Penilaian melibatkan beragam faktor, seperti penanganan konflik, semangat gotong royong, serta kearifan lokal, dan kontribusi tokoh-tokoh masyarakat setempat dievaluasi melalui proses daring dan kunjungan lapangan.

Hasil penilaian mengumumkan pemenang untuk Kategori Desa Kampung Pancasila.

Desa Sipaku di wilayah Kodim 0202/Asahan Kodam I/Bukit Barisan meraih juara pertama.

Disusul Desa Bulu Cindea di Kodim 1412/Pangkep Kodam XIV/Hasanuddin sebagai juara kedua, dan Desa Telaga Panca di Kodim 1508/Tobelo Kodam XVI/Pattimura sebagai juara ketiga.

Dalam Kategori Kota Kampung Pancasila, juara pertama diraih Kecamatan Girimulyo di Kodim 1705/Nabire Kodam XVII/Cenderawasih, juara kedua Kecamatan Bulukuk di Kodim 0413/Bangka Kodam II/Sriwijaya.

Terakhir, Kecamatan Kampung Baru di Kodim 1609/Buleleng Kodam IX/Udayana sebagai juara ketiga. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler