Kasal Pimpin Penyambutan Kapal Selam Terbaru Milik TNI AL

Kamis, 17 Mei 2018 – 19:10 WIB
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi (kedua kiri) memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis (17/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis(17/5/2018).

Kapal selam terbaru ini tiba dari Korea Selatan setelah diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu pada tanggal 25 April yang lalu.

BACA JUGA: KRI Rigel Gelar Survei dan Pemetaan di Perairan Laut Jawa

Kasal dalam sambutannya menjelaskan KRI Ardadedali-404 merupakan kapal selam kelas 209/1400 kedua setelah KRI Nagapasa-403 dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indonesia.

BACA JUGA: Kasal Bangga Melihat Nusantara Dipenuhi Baret Marinir

Menurut Laksamana Ade, dalam rangka Transfer of Technology sekaligus Transfer of Knowledge, pembangunan kapal selam ketiga direncanakan akan dilaksanakan di galangan PT PAL Indonesia. Hal ini merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri pertahanan terutama PT PAL, dalam rangka proses alih teknologi yang pada gilirannya akan dapat membangun kemandirian produksi dalam negeri di bidang teknologi pengembangan Alutsista TNI.

“Nama Ardadedali diambil berdasarkan nama senjata berupa panah milik tokoh pewayangan Arjuna, dimana senjata ini memiliki mata panah berbentuk burung dan memiliki jiwa namun senjata ini saat dilepaskan kearah musuh memiliki keistimewaan mematuk dan melumpuhkan lawannya,” ujar Kasal.

BACA JUGA: 35 Kapal Perang Ikut Latihan Fase Laut Dalam MNEK 2018

KRI Ardadedali-404

Kapal selam KRI Ardadedali-404 memiliki Panjang 61,3 meter, bobot 1.280 ton saat menyelam dan kecepatan mampu mencapai 21 knot di bawah air. Selain itu, kapal selam ini mempunyai empat mesin diesel MTU12V493 dengan jarak mencapai 18.520 KM dan dilengkapi peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm derta peluru kendali anti kapal.

Kapal selam yang dikomandani Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu ini berlayar dari Korea Selatan menuju Indonesia selama kurang lebih dua minggu dengan membawa 40 anak buah kapal (ABK).

Lebih lanjut, Kasal berpesan kepada Komandan dan seluruh prajurit KRI Ardadedali-404 berharap menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat dan negara, agar terus meningkatkan dedikasi dan profesionalitas prajurit matra Laut serta memelihara dan mempergunakan Alutsista tersebut sebaik-baiknya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekjen Kemhan, para perwakilan pejabat Kemhan, para perwakilan pejabat Mabes TNI, para pejabat Utama Mabesal, Pangkoarmada II dan III, para Kadis jajaran Mabesal, Duta Besar Korea Selatan serta para keluarga ABK KRI Ardadedali-404.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakamla RI Amankan 1,8 Juta Metrik Ton Minyak Kelapa Sawit


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler