Kasus Covid-19 di Klaten Mendadak Meroket, Ini Respons Pak Ganjar

Kamis, 22 Juli 2021 – 22:38 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo merespons kenaikan jumlah kasus covid-19. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Dalam dua pekan terakhir kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten dikabarkan mengalami kenaikan. Selain kasus konfirmasi positif, angka kematian juga melonjak tinggi.

Pada Rabu (21/7), terjadi kematian sebanyak 39 orang di Klaten dalam sehari. Secara keseluruhan, angka kematian di Klaten selama pandemi mencapai sekitar 1.000 lebih.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: MS Kaban Bikin Panas, Jokowi Beri Peringatan, Jenderal Andika Bereaksi Begini

Kabar ini mengundang perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurutnya, lonjakan kasus di Klaten memang harus segera dikendalikan.

Untuk itu, pemprov akan melakukan treatment penanganan di Klaten seperti penanganan Kudus beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ajudan Pak Ganjar Pontang-Panting Mencari Cokelat untuk Cahaya

"Akan terapkan seperti Kudus. Tadi pak Kapolda sudah koordinasi dengan saya, Bupati juga sudah telepon saya untuk kita koordinasikan seperti model Kudus," kata Ganjar ditemui usai memimpin Rembug Desa di Pendapa Cilacap, Kamis (22/7/2021).

Salah satu cara yang akan dilakukan adalah merawat pasien Covid-19 yang isolasi di rumah untuk diisolasi terpusat. Sehingga warga diharapkan tidak isolasi mandiri di rumah, karena rawan menyebabkan penularan dan menjadi klaster keluarga.

BACA JUGA: Para Kades Curhat pada Pak Ganjar, Minta Aturan PPKM Dilonggarkan

"Jadi akan ada isolasi terpusat. Saya minta agar warga nanti membantu. Ayo kita edukasi masyarakat agar mereka mau diisolasi terpusat," imbuhnya.

Ganjar mengakui saat penanganan di Kudus, memang ada pro dan kontra tetapi tindakan itu berhasil. Kasus covid-19 di Kudus langsung melandai

"Jadi treatmentnya seperti Kudus. Mohon maaf kalau nanti harus dijemput (untuk diisolasi terpusat),” pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler